Business Continuity Management In Land Transport Business To Survive COVID-19 Pandemic: A Study Of Indonesian Trucking Business

Sugianto, Ira Margaritha (2023) Business Continuity Management In Land Transport Business To Survive COVID-19 Pandemic: A Study Of Indonesian Trucking Business. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 7032201005-Disertation.pdf] Text
7032201005-Disertation.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang manajemen keberlangsungan bisnis transportasi darat untuk bertahan di tengah pandemi COVID-19 sangat penting untuk menetapkan pedoman untuk bertahan dan menjadi pemenang, namun belum banyak literatur yang membahas masalah ini. Penelitian kami menyelidiki faktor internal dan eksternal terkait ketahanan dan performa perusahaan angkutan truk untuk bertahan dari pandemi COVID-19. Faktor internal tersebut meliputi kepemimpinan, inovasi dan teknologi digitalisasi, sumber daya keuangan dan manajemen, sistem adaptif dan fleksibel, manajemen risiko dan kelangsungan bisnis, sedangkan faktor eksternal adalah manajemen hubungan pelanggan. Penelitian ini melibatkan partisipasi dari banyak perusahaan truk di Indonesia. Sebanyak 190 perusahaan angkutan truk Indonesia berpartisipasi dan SEM PLS digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa performa perusahaan truk dipengaruhi secara signifikan oleh keuangan, teknologi digital, dan manajemen hubungan pelanggan, sedangkan ketahanan berkorelasi dengan risiko dan kelangsungan bisnis serta sumber daya keuangan untuk bertahan dalam masa pandemi COVID-19. Menariknya, kepemimpinan yang tangguh tampaknya tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan ketahanan dan performa angkutan truk selama pandemi COVID-19. Manajemen sumber daya keuangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap performa perusahaan, namun efeknya lebih tinggi ketika ketahanan menjadi faktor mediasi diantaranya. Studi ini menunjukkan bahwa ukuran sangatlah berpengaruh terhadap ketahanan dan performa perusahaan truk di Indonesia. Perusahaan truk ukuran kecil sangat memperhatikan faktor keuangan dan manajemen risiko serta kelangsungan bisnis, sedangkan perusahaan truk ukuran sedang memperhatikan faktor keuangan dan teknologi digitalisasi inovasi. Sementara perusahaan truk ukuran besar dapat mengelola faktor ketahanan yang lebih luas. Serupa hal ini, perusahaan dengan performa terbaik dapat mengelola faktor ketahanan dengan cakupan yang lebih luas seperti kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas perusahaan, digitalisasi, ketahanan kepemimpinan, risiko, dan manajemen kesinambungan bisnis, sedangkan kelompok dengan performa terendah hanya menyoroti keuangan dan manajemen hubungan pelanggan. Kedua kelompok tersebut sama-sama menekankan teknologi digitalisasi yang inovatif. Perbedaannya, Ketahanan merupakan faktor mediasi antara teknologi digitalisasi inovasi dengan performa perusahaan angkutan truk terbaik, sedangkan pada kelompok perusahaan truk dengan performa terendah, teknologi digitalisasi inovasi berkorelasi secara langsung dengan performa perusahaan. Penelitian kami mengusulkan berbagai tindakan dan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketahanan perusahaan truk untuk bertahan, dan mencapai kesuksesan.
==============================================================================================================================
Research on business continuity management in land transportation to survive the COVID-19 pandemic is crucial for establishing guidance to survive and be the winner, but not much literature addresses this issue. Our research investigated internal and external factors concerning the resilience and performance of trucking companies to survive the COVID-19 pandemic. These internal factors include leadership, innovation in digitalization technology, financial resources management, adaptive and flexible system, and risk and business continuity management, while the external factor is customer relationship management. This study involves a survey of trucking companies in Indonesia with 190 participants. SEM PLS was used to analyze the data. For surviving the COVID-19 pandemic, the results suggest that trucking companies’ performance is significantly affected by finances, digital technology adoption, and customer relationship management, while resilience is affected by finances, risk, and business continuity management. Interestingly, resilient leadership has no significant correlation to trucking resilience and performance. Financial resource management significantly contributes to company performance, yet the effect is higher when resilience is a mediating factor. This study also suggests that size does matter in enhancing company resilience and performance. Micro-small trucking companies mainly emphasize finances, risk, and business continuity management, while medium companies focus on finances and innovation in digitalization technologies. However, big trucking companies can manage broader resilience factors. The top performer accommodates wide-ranging resilience factors such as company adaptability and flexibility, resilience leadership, digitalization, risk, and business continuity management, while the least-performing group highlights finances and customer relationship management. Both groups emphasize innovative digitalization technology. Resilience is a mediating factor between innovation digitalization technology and the performance of the top-performer trucking companies, whereas digitalization directly correlates to performance in the least-performing groups. Our research also proposes actions and strategies to improve resilience.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: COVID-19 pandemic, company survivability, trucking company, transport resilience, business continuity management, a company survival strategy.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > Doctor of Technology Management (DMT)
Depositing User: Dr. Ira Margaritha Sugianto
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:04
Last Modified: 31 Jan 2023 05:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/95866

Actions (login required)

View Item View Item