Pengaruh Water-Flyash-Cement Grouting Terhadap Karakteristik Tanah Lempung Ruas Jalan Nasional Tuban-Babat-Lamongan-Gresik

Langit, Mohammad Jagad Sekar (2023) Pengaruh Water-Flyash-Cement Grouting Terhadap Karakteristik Tanah Lempung Ruas Jalan Nasional Tuban-Babat-Lamongan-Gresik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012211078 -Master_Thesis.pdf] Text
6012211078 -Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ruas Jalan Tuban-Babat-Lamongan-Gresik, adalah salah satu ruas Pantura Jawa yang mengalami kerusakan jalan berupa berlubang dan bergelombang dengan nilai IRI (International roughness index) sebesar 7,7. Kerusakan jalan pada ruas jalan ini diakibatkan oleh kendaraan overloading, volume lalu lintas harian rata-rata yang tinggi yaitu sebesar 49.284 kendaraan/hari dan kondisi subgrade jalan yang memiliki nilai CBR rendah yaitu sekitar 1,7%-2,9%. Dari hasil penyelidikan tanah didapatkan data bahwa tanah pada ruas tersebut memiliki nilai Indeks Platisitas yang tinggi yaitu berkisar antara 40%-45% sehingga masuk dalam kategori potensi mengembang tinggi dan dapat diklasifikasikan ke dalam tanah lempung plastisitas tinggi (CH).

Apabila suatu tanah pada subgrade memiliki nilai CBR yang rendah maka perlu dilakukan perbaikan. Dalam penelitian ini, metode perbaikan tanah yang dilakukan yaitu dengan water fly ash cement grouting yang akan dilakukan pemodelan pengujian pada skala laboratorium. Variasi penambahan kuantitas material grouting sebesar 3%,5%, dan 7% dari berat kering pada sampel uji, water binder ratio (w/b) dengan variasi 1, 1,5 dan 2 serta komposisi binder dengan 3 variasi yaitu 90% Cement + 10% Fly Ash, 80% Cement + 20% Fly Ash, dan 70% Cement + 30% Fly Ash. Pemilihan penggunaan Fly ash selain untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan pemanfaatan limbah dari aktivitas pembakaran Batu Bara juga didasarkan atas aspek lain yaitu ketersediaan bahan yang melimpah, kemudahan dalam mendapatkan bahan, harga yang relatif murah dan efektivitasnya yang sudah dibuktikan pada penelitian terdahulu. Hasil analisa menunjukkan Water Fly Ash Cement Grouting dapat mempengaruhi sifat fisis, mekanis dan ekspansif sampel uji. Dimana Pada pengujian fisis didapatkan, kadar air yang mulanya sebesar 60,98% meningkat menjadi 67,81%, Berat Volume Kering (

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CBR,Grouting, Fly Ash
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mohammad Jagad Sekar Langit
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:47
Last Modified: 02 Feb 2023 09:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96018

Actions (login required)

View Item View Item