Penerapan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) Dalam Optimasi Durasi Dan Biaya Pada Proyek Preservasi Jalan Dan Jembatan Gempol – Pasuruan – Probolinggo

Sakti, Andika Wahyu Eka (2023) Penerapan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) Dalam Optimasi Durasi Dan Biaya Pada Proyek Preservasi Jalan Dan Jembatan Gempol – Pasuruan – Probolinggo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000072-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000072-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Proyek preservasi jalan dan jembatan Gempol – Pasuruan – Probolinggo merupakan salah satu proyek preservasi yang mengalami perlambatan pekerjaan dikarenakan adanya kegiatan mudik lebaran. Arus mudik lebaran menyebabkan beberapa pekerjaan tidak dapat dilaksanakan sehingga menyebabkan pekerjaan preservasi jalan dan jembatan mengalami keterlambatan. Selain itu, permasalahan dalam perizinan juga menyebabkan proyek ini mengalami keterlambatan. Padahal, proyek ini terbatasi pada segi waktu penyelesaiannya karena jalan dan jembatan pada ruas tersebut berpengaruh terhadap kelancaran sektor perhubungan, baik pada mobilitas manusia maupun distribusi barang. Oleh karena itu, perlu dilakukan percepatan pengerjaan proyek agar proyek dapat selesai tepat waktu. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengoptimalisasi durasi dan biaya Proyek Preservasi Jalan dan Jembatan Gempol – Pasuruan – Probolinggo. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mempercepat pengerjaan proyek serta memeroleh penambahan biaya yang paling optimal adalah dengan optimalisasi jadwal baik dengan menggunakan metode Time Cost Trade Off (TCTO) maupun fast tracking. Metode TCTO dilakukan dengan melakukan crashing durasi proyek. Pada metode crashing, dilakukan analisa Crash Duration, Crash Cost dan Cost Slope pada aktivitas sisa pekerjaan yang berada pada lintasan kritis, kemudian dilakukan percepatan hingga jenuh seluruhnya. Setelah itu, dilakukan rekapitulasi hasil percepatan metode crashing (optimum dan maksimum) dan fast tracking. Tugas akhir ini menghasilkan durasi percepatan paling optimal dengan durasi akhir 99 hari dan biaya Rp30.525.265.504,56. Crashing optimum belum dapat mengejar target percepatan akibat keterlambatan proyek, namun dengan percepatan maksimum dapat mengerjar target percepatan
=====================================================================================================================================
The Gempol – Pasuruan – Probolinggo road and bridge preservation project was one of the preservation projects that has faced late progress on project schedule due to the Eid homecoming activities. The flow of Lebaran homecoming caused several works to be unable to be carried out, causing road and bridge preservation work to experience delays. However, it needs to be completed on time as these infrastructures support the transportation sector in Probolinggo. Therefore, it is necessary to accelerate project work so that the project can be completed on time. This final project aims to optimize the duration and cost of the Gempol – Pasuruan – Probolinggo Road and Bridge Preservation Project. One of the solutions that can be implemented to accelerate project work and obtain the most optimal additional costs is to optimize the schedule using both the Time Cost Trade Off (TCTO) method and fast tracking. The TCTO method is carried out by crashing the duration of the project. In the crashing method, analysis of Crash Duration, Crash Cost and Cost Slope is carried out on the remaining work activities that are on the critical path, then accelerated until they are fully saturated. Subsequently, the results of the accelerated crashing method (optimum and maximum) and fast tracking are recapitulated. This final project produces the most optimal acceleration duration with a final duration of 99 days and a cost of IDR 30,525,265,504.56. Optimum crashing has not been able to catch up with the acceleration target due to project delays, however the target could be achieved using maximum acceleration

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Percepatan Proyek, Preservasi Jalan dan Jembatan, Time Cost Trade Off, Project Acceleration, Roads and Bridges Preservation, Time Cost Trade Off
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andika Wahyu Eka Sakti
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:57
Last Modified: 02 Feb 2023 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96045

Actions (login required)

View Item View Item