Studi Stabilitas Lereng Badan Jalan Di Tepi Sungai Konaweha, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara, (Studi Kasus Km 29+300 S/D Km 29+800) Akibat Kombinasi Dari Pengaruh Sungai Dan Beban Lalu Lintas Dengan Pendekatan Cracked Soils Approach

Windardi, Galih Anom (2023) Studi Stabilitas Lereng Badan Jalan Di Tepi Sungai Konaweha, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara, (Studi Kasus Km 29+300 S/D Km 29+800) Akibat Kombinasi Dari Pengaruh Sungai Dan Beban Lalu Lintas Dengan Pendekatan Cracked Soils Approach. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012211082-Master_Thesis.pdf] Text
6012211082-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020, telah terjadi kelongsoran pada Ruas Jalan Bts. Kab. Konawe Utara/ Kab. Konawe – Pohara Km 29+300 sd Km 29+800. lokasi longsor paling parah terjadi pada Km 29+800 dimana hampir separuh badan jalan tidak dapat dilewati kendaraan. Saat ini lokasi tersebut telah dilakukan penanganan sementara dengan penimbunan tanah yang diperkuat cerucuk. Sebagai upaya mitigasi untuk mencari penanganan yang tepat pada lokasi longsoran tersebut, dilakukan penelitian ini untuk mengetahui safety factor kestabilan lereng badan jalan akibat pengaruh banjir Sungai Konaweha dan akibat dari beban lalu lintas. Hasil dari simulasi yang dilakukan, perubahan safety factor akibat perubahan tinggi muka air sungai. Terjadi peningkatan nilai safety factor pada saat level muka air sungai naik. Selain itu akan terjadi penurunan nilai safety factor pada saat terjadi penurunan level muka air sungai turun secara tiba-tiba (rapid drawdown) dengan nilai SF terendah adalah 1.06 untuk asumsi menggunakan parameter tanah asli. Sedangkan apalila menggunakan pendekatan crack soils, maka dalam kondisi drawdown nilai SF yang terendah adalah 0.15 dengan kedalaman bidang gelincir setinggi 13.3 m sehingga terjadi longsor. Alternatif perkuatan lereng yang dapat digunakan pada lereng Sungai Konaweha adalah dengan menggunakan PCP Piles dengan nilai safety factor dari lereng tersebut setelah diberi perkuatan adalah 1.5. Sehingga nilai safety factor lereng masih lebih besar dari yang disyaratkan oleh Bowles (1984) maupun yang disyaratkan dalam SNI 8460:2017
================================================================================================================================
In 2020, there has been a landslide on the Bts Road Section. Regency. North Konawe/ Kab. Konawe – Pohara Km 29+300 to Km 29+800. the location of the most severe landslides occurred at Km 29+800 where almost half of the road is impassable for vehicles. At present the location has been temporarily handled by stockpiling soil reinforced with a crevice. As a mitigation effort to find appropriate treatment at the location of the landslide, this research was carried out to determine the safety factor for the stability of the slopes of the road body due to the influence of the Konaweha River flood and the consequences of traffic loads. The results of the simulation carried out, changes in safety factor due to changes in river water level. There is an increase in the value of the safety factor when the river water level rises. In addition, there will be a decrease in the value of the safety factor when the river water level drops suddenly (rapid drawdown) with the lowest SF value being 1.06 for the assumption of using native soil parameters. Meanwhile, if the crack soils approach is used, in the drawdown condition the lowest SF value is 0.15 so there is a high probability of landslides. An alternative slope reinforcement that can be used on the slopes of the Konaweha River is to use PCP Piles with the safety factor value of the slope after being given reinforcement is 1.5. So that the value of the slope safety factor is still greater than that required by Bowles (1984) and that required in SNI 8460: 2017

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sungai Konaweha, Longsor, Stabilitas Lereng Konaweha River, landslides, slope stability
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Galih Anom Windardi
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:08
Last Modified: 03 Feb 2023 05:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96080

Actions (login required)

View Item View Item