Kurniawan, Reza (2023) Evaluasi dan Perencanaan Jalan Kuat dan Awet Akibat Beban Berlebih Studi Kasus Ruas Jalan Nasional Bts. Kab. Konawe Utara/Kab. Konawe – Pohara. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6012211084-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun 2020, lebih dari setengah panjang ruas jalan nasional Bts. Kab. Konawe Utara/Kab. Konawe – Pohara berada dalam kondisi rusak berat. Hal ini disebabkan oleh kendaraan berat yang beroperasi pada ruas jalan nasional tersebut. Selain itu, kondisi drainase jalan yang buruk juga berpotensi untuk membuat jalan tersebut tidak awet dan mudah rusak karena tidak dapat mengalirkan air hujan dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Ekivalen Beban (VDF) aktual pada ruas jalan nasional tersebut sehingga dapat dianalisis desain jalan yang kuat dan awet. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan jalan yang bervariasi serta dapat memberikan masukan prinsip-prinsip desain yang benar terhadap pedoman perencanaan jalan dengan metode Bina Marga yang selama ini belum menyelesaikan permasalahan kerusakan dini pada jalan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengambilan data primer survei tekanan angin ban dan data sekunder hasil uji petik berat kendaraan 2021. Kemudian didapatkan beban as kendaraan aktual sehingga dapat menghitung VDF. Dari data VDF aktual dilakukan desain yang kuat dan awet berdasarkan metode AASHTO 1993. Analisis penyebab kerusakan yang beragam dan usulan perubahan pedoman perencanaan jalan dengan metode Bina Marga juga dilakukan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah VDF aktual pada ruas jalan tersebut adalah 23,47 untuk golongan kendaraan 6b dan 140,72 untuk golongan kendaraan 7a. Nilai VDF ini lebih besar 2,61 kali untuk golongan kendaraan 6b dan 7,37 kali dibandingkan dengan data VDF beban aktual pada MDP 2017 regional Sulawesi. Hal ini membuktikan bahwa mengapa banyak perkerasan jalan yang mengalami kerusakan dini ketika dilewati kendaraan berat. Desain jalan yang diusulkan yaitu untuk perkerasan lentur didapatkan tebal AC-Base 16 cm, LFA Kelas A 15 cm, lapis drainase 30 cm, dan timbunan pilihan 60 cm, sedangkan untuk perkerasan kaku didapatkan tebal pelat beton 35 cm, lean concrete 10 cm, lapis drainase 15 cm, dan timbunan pilihan 60 cm. Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan dini pada penelitian ini adalah beban berlebih dan sistem drainase yang tidak memadai.
=======================================================================================================================================
In 2020, more than half of the national road length of Bts. Kab. Konawe Utara/Kab. Konawe – Pohara is in a heavily damaged condition. This is caused by heavy vehicles operating on the national road section. In addition, poor road drainage conditions also have the potential to make the road less durable and easily damaged because it cannot drain rainwater properly. This study aims to determine the actual Vehicle Damage Factor (VDF) on these national roads so that an strong and durable road design can be analyzed. In addition, another objective of this research is to find out the causes of various road damages and to provide input on the correct design principles for road planning guidelines using the Bina Marga method which so far have not resolved the problem of premature damage to roads. This research was carried out by collecting primary survey data on vehicle tire pressure and secondary data from the 2021 vehicle weight test results. Then the load as an actual vehicle was obtained so that VDF could be calculated. From actual VDF data, strong and durable designs are carried out. Analysis of the various causes of damage and suggestions for changing road planning guidelines using the Bina Marga method were also carried out in this study. The results of this study are that the actual VDF on the road section is 23.47 for vehicle class 6b and 140.72 for vehicle class 7a. This VDF value is 2.61 times greater for vehicle class 6b and 7.37 times compared to the actual load VDF data for the 2017 MDP Sulawesi region. This proves that why many road pavements experience premature damage when heavy vehicles pass them. The proposed road design is for flexible pavements, the thickness of AC-Base is 16 cm, LFA Class A is 15 cm, the drainage layer is 30 cm, and the selected embankment is 60 cm, while for rigid pavements, concrete slabs are 35 cm thick, lean concrete is 10 cm, drainage layer is 15 cm, and selected embankment is 60 cm.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | beban berlebih, jalan kuat dan awet, MDP 2017, tekanan angin ban, VDF, overload, strong and durable road, tire pressure. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Reza Kurniawan |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 07:22 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 07:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/96107 |
Actions (login required)
View Item |