Perancangan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pengetahuan Perawatan Wajah Dengan Metode Prototyping Untuk Membangun Rutin Skin Care

Rosyada, Emalia (2023) Perancangan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pengetahuan Perawatan Wajah Dengan Metode Prototyping Untuk Membangun Rutin Skin Care. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211840000009_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211840000009_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Memelihara dan meningkatkan kesehatan kulit merupakan bagian penting dalam merawat diri. Termasuk salah satunya adalah merawat kulit wajah. Saat ini kesadaran dalam melakukan perawatan wajah pada masyarakat mulai meningkat. Dibuktikan dengan tren penggunaan produk perawatan wajah setiap tahunnya semakin meningkat. Sejak pandemi COVID-19, tren perawatan wajah pada pencarian Google telah mengalami peningkatan sebesar 130% di Indonesia. Dan menurut Statista Indonesia, data pangsa pasar industri skincare Indonesia dari tahun 2014 hingga 2022 terus meningkat. Permasalahan: Perawatan wajah yang baik memerlukan pengetahuan yang baik. Namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui dengan baik pengetahuan-pengetahuan ini. Sehingga perawatan kulit yang dilakukan bisa kurang tepat, salah dan dampaknya bisa memperburuk kondisi kulit wajah. Oleh karena itu perlu adanya wadah pengetahuan perawatan wajah untuk memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan dalam perawatan wajah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk merancang pencatatan pengetahuan perawatan wajah untuk membangun pengelolaan pengetahuan user sesuai dengan kebiasaan pengguna dan dapat mendukung pengambilan keputusan user dalam merawat wajah dan membangun rutin skin care. Metode: Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan metode design thinking, yang terdiri dari lima tahapan diantaranya empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dimana pada tahapan empathize dan define peneliti menggunakan metode kompetitor analisis, dan didapatkan paradigma interaksi, kemudian di analisis dengan menggunakan metode How Might We. Setelah itu pada tahap ideate didapatkan ide solusi, dan dilakukan perancangan prototipe pada tahap prototype. Dan pada tahapan terakhir yaitu testing menggunakan metode Usability Testing. Hasil: Penelitian ini menghasilkan desain sistem pengelolaan pengetahuan perawatan wajah dengan merumuskan pengalaman utama dalam desain. Dan didapatkan desain pada 12 aktivitas pengguna. Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan 11 perbaikan dengan nilai severity rating 3 berjumlah 3, dan severity rating 2 berjumlah 8.
==========================================================================================================================================
Context: Maintaining and improving skin health is an important part of self-care. Including one of them is caring for facial skin. Currently awareness in doing facial care in the community began to increase. The trend of using facial care products is increasing every year. Since the COVID-19 pandemic, facial care trends on Google searches have increased by 130% in Indonesia. And according to Statista Indonesia, market share data for the Indonesian skincare industry from 2014 to 2022 continues to increase. Problem: To achieve good facial care, good knowledge is also needed in facial care. But there are still many people who do not know this knowledge well. So skin care that is done can be inaccurate, wrong and the impact can worsen the condition of facial skin. Therefore it is necessary to have a forum for facial care knowledge to facilitate users in making decisions in facial care. Purpose: This study aims to design a recording of facial care knowledge to build user knowledge management according to user habits and can support user decision making in caring for the face and building skincare routines. Method: This research uses the design thinking method approach, which consists of five stages including empathize, define, ideate, prototype, and test. Where in the empathize and define stages the researcher used the competitor analysis method, and obtained the Interaction Paradigm, then analyzed using the How Might We method. After that, at the ideate stage, an idea for a solution was obtained, and a prototype design was carried out at the prototype stage. And in the last stage, namely testing using the Usability Testing method. Results: The result of this is the design of a skin care knowledge management system by formulating the main experiences in design and obtaining designs on 12 user activities. And from the test results obtained 11 improvements with a severity rating of 3 totaling 3, and a severity rating of 2 totaling 8.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perawatan Wajah, Manajemen Pengetahuan, Human Computer Interaction, Desain Antarmuka, Skin care, Knowledge Management, Human Computer Interaction, Interface Design
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Emalia Rosyada
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:30
Last Modified: 03 Feb 2023 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96139

Actions (login required)

View Item View Item