Kajian Pemberian Insentif Pada Bangunan Gedung Hijau Di Indonesia

Bramayusa, I Gede Gandhi (2023) Kajian Pemberian Insentif Pada Bangunan Gedung Hijau Di Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2. 6012201004-Master_Thesis.pdf] Text
2. 6012201004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menerapkan konstruksi dan bangunan yang ramah lingkungan, kini menjadi bagian yang terpenting di dunia konstruksi dan arsitektur, Namun di sisi lain, investasi pembangunan bangunan gedung hijau dinilai masih cukup mahal, sehingga menyebabkan perkembangan bangunan gedung hijau tidak berkembang secara signifikan. Di beberapa negara di dunia, insentif (dalam bentuk finansial maupun non-finansial) diberikan untuk meningkatkan motivasi masyarakat membangun bangunan hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk pemberian insentif pada mayarakat, agar termotivasi untuk melaksanakan pembangunan bangunan hijau. Pada penelitian ini, variabel jenis insentif didapat dari kajian literatur yang mendalam pada jurnal di berbagai negara, untuk melihat bagaimana implementasi pemberian insentif pada negara tersebut. Kuisioner digunakan untuk pengumpulan data dengan responden pemerintah DKI Jakarta, dan masyarakat (praktisi konstruksi dan pemilik proyek). Jenis jenis insentif yang diharapkan oleh masyarakat dan insentif yang memungkinkan diberi oleh pemerintah dikaji dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada 6 jenis insentif yang diharapkan oleh masyarakat (praktisi dan pemilik proyek), yaitu pemotongan pajak bumi dan bangunan, percepatan prosedural administrasi, additonal floor level, floor area ratio, bantuan teknis dan konsultasi, serta bantuan publikasi sertifikasi Dari kaca mata pemerintah dan peraturan yang ada, insentif yang memungkinkan untuk diberikan saat ini adalah bantuan publikasi, promosi dan sertifikasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa, masyarakat akan lebih termotivasi untuk membangun bangunan hijau jika diberikan potongan pajak (PBB) dan kemudahan administratif perijinan, serta bimbingan teknis saat mendesain dan melaksanakan pembangunan bangunan hijau.
=====================================================================================================================================

The implementation of environmentally friendly construction and buildings has become essential to construction and architecture. However, on the other hand, investment in the construction of green buildings is still considered relatively expensive, thus causing the development of green buildings not to develop significantly. In several countries around the world, incentives (financial and non-financial) are provided to increase people's motivation to build green buildings. This study aims to identify and analyze the form of incentives to the community to motivate them to carry out green building development. In this study, the type of incentive variable was obtained from an in-depth literature review in journals in various countries to see how the implementation of incentives in that country. Questionnaires were used to collect data from respondents from the DKI Jakarta government and the community (construction practitioners and project owners). The objectives are to determine the types of incentives expected by the community and the incentives by the government. This research was analyzed descriptively and qualitatively. The results of this study indicate that there are six types of incentives expected by the community (practitioners and project owners), namely land and building tax cuts, administrative procedural acceleration, technical assistance and consultation, additional floor level, floor area ratio and certification publication assistance. Possible incentives to be provided at this time are publication, promotion, and certification assistance. The results also show that people will be more motivated to build green buildings if they are given tax breaks (PBB) and administrative licensing facilities, as well as technical guidance when designing and implementing green building construction.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bangunan gedung hijau, Insentif, Kebijakan,Green building, Incentives, Rules, Regulations
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH880 Sustainable buildings. Sustainable construction. Green building
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: I Gede Gandhi Bramayusa
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:16
Last Modified: 09 Feb 2023 14:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96290

Actions (login required)

View Item View Item