Perancangan Alat Ukur Lebar Rel Kereta Api Indonesia Dengan Mekanisme Dorong

Prasandi, Moh. Barry (2023) Perancangan Alat Ukur Lebar Rel Kereta Api Indonesia Dengan Mekanisme Dorong. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211810003028-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211810003028-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Perkeretaapian Nasional membutuhkan strategi dan kebijakan pembangunan, Strategi tersebut diantaranya adalah meningkatkan keamanan dan keselamatan. Untuk mengurangi resiko tersebut maka diperlukan pemeliharaan pada trek kereta api yang pada saat ini masih dinilai kurang. Petugas Pemeriksa Jalur yang dimiliki oleh PT. Kereta Api Indonesia saat ini dinilai tidak efektif dikarenakan data yang disampaikan berdasarkan kompetensi oleh petugas itu sendiri jadi kurang validasi data yang ada serta memerlukan SDM PPJ yang banyak untuk mengcover seluruh lintasan yang ada di Indonesia. Maka dari itu perlu dikembangkanya alat pengukur kelebaran rel dengan data yang diambil rill dan tidak tergantung dengan kompetensi dari petugas itu sendiri. Penelitian melakukan identifikasi masalah dari resiko serta kurang optimalnya pengukuran kelebaran rel sebagai salah satu cara menghindari kecelakaan pada Kereta Api. Dilanjutkan dengan merancang satu alat yang akan mempermudah perawatan rel terutama pengukuran kelebaran rel. kemudian dianalisa dengan metode perhitungan teoritis serta simulasi menggunakan software. Perancangan alat ini bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan kereta api akibat perawatan rel yang tidak optimal terutama pada pengukuran kelebaran rel. Dengan menganalisa kekuatan dari lengan alat yang akan dibuat serta melakukan perhitungan yang diperlukan guna mendukung produksi alat ini kedepanya. Penelitian ini menghasilkan spesifikasi teknis alat yang dirancang yaitu menggunakan sensor LVDT dikarenakan dapat memberikan respon yang cepat dan dinamis, kemudian menggunakan pegas tekan yang membantu pembacaan pergerakan oleh sensor dengan cara dihubungkan dengan poros lalu ditekan dan juga mengunakan linier bearing yang membantu mengurangi gesekan pada poros yang bergerak secara linier. Berdasarkan hasil simulasi pada bagian frame lengan didapatkan nilai tegangan von mises stress sebesar 11,251 MPa kemudian nilai total deformation yang didapatkan pada simulasi sebesar 0,028561 mm yang dinyatakan aman dan dapat digunakan sebagai rancangan alat ukur lebar rel kereta api dikarenakan memiliki nilai defleksi kurang dari 1mm hingga memiliki keakurasian yang cukup tinggi. Pada penelitian selanjutnya diharapakan dapat membuat alat ukur lebar rel kereta api secara real dan menguji keakurasian alat serta melengkapi hingga desain elektronik yang digunakan.
======================================================================================================================================
The development of the National Railway requires development strategies and policies, these strategies include increasing security and safety. To reduce this risk, it is necessary to maintain the railway track which is currently still considered lacking. The Track Checking Officer owned by PT. Indonesian Railways is currently considered ineffective because the data submitted is based on competence by the officers themselves, so there is no validation of existing data and requires a large number of PPJ human resources to cover all existing tracks in Indonesia. Therefore, it is necessary to develop a rail width measuring device with real data taken and not dependent on the competence of the officers themselves. The study identified the problem of risk and the less than optimal measurement of rail width as a way to avoid accidents on the train. Followed by designing a tool that will facilitate rail maintenance, especially measuring the width of the rail. then analyzed by theoretical calculation method and simulation using software. The design of this tool aims to reduce the risk of train accidents due to non-optimal rail maintenance, especially in measuring the width of the rail. By analyzing the strength of the tool arm to be made and performing the necessary calculations to support the production of this tool in the future. This research resulted in the technical specifications of the designed tool, namely using an LVDT sensor because it can provide a fast and dynamic response, then using a compressed spring which helps read the movement by the sensor by connecting it to the shaft and then pressing it and also using a linear bearing which helps reduce friction on the shaft which move linearly. Based on the simulation results on the arm frame, the von Mises stress value is 11.251 MPa then the total deformation value obtained in the simulation is 0.028561 mm which is declared safe and can be used as a design tool for measuring the width of railroad tracks because it has a deflection value of less than 1mm to have a fairly high accuracy. In future research, it is expected to be able to make real gauges for the width of railroad tracks and test the accuracy of the tools and complementing the electronic designs used.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Measuring Instruments, Width, Rails, Safety, Trains
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Moh. Barry Prasandi
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:10
Last Modified: 06 Feb 2023 08:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96311

Actions (login required)

View Item View Item