Byanfadhilah, Mohamad Daffa (2022) Analisis Hasil Reparasi Crack Rumah Spie Poros Propeller Berbahan Baja Karbon Menggunakan Metode SMAW. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
0411174000076-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2025. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem poros propeller merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan operasional kapal. Namun, masih sering dijumpai kerusakan pada sistem poros propeller, salah satunya adalah crack pada rumah spie poros propeller. Kerusakan ini dapat mempengaruhi performa kapal dalam berlayar karena propeller merupakan salah satu bagian dari instalasi penggerak kapal. Sehingga dibutuhkan reparasi untuk mengembalikan performa sistem poros propeller. Pengelasan adalah bentuk reparasi yang akan dilakukan untuk menghilangkan crack pada rumah spie poros propeller. Karena tidak adanya standar yang mengatur reparasi pada rumah spie poros propeler kapal, sering ditemukan kecacatan pada proses reparasi. Sehingga dapat menimbulkan kecelakaan pada kapal ketika sedang berlayar. Reparasi yang dilakukan menggunakan metode pengelasan SMAW dengan batas kedalaman crack sedalam 10mm. Material uji yang digunakan berbentuk tabung dengan diameter 100mm. Proses reparasi yang dilakukan akan menggunakan dua elektroda yaitu E7018 dan E9018, selain itu akan menggunakan heat treatment berupa preheat sebesar 300oC dan 400oC dan PWHT dengan suhu 650oC dan 800oC. Dengan perilaku reparasi yang berbeda pada setiap material uji yang dilakukan, data stuktur dan nilai kekerasan akan berbeda tergantung dari perlakuan reparasi yang digunakan. Proses reparasi pada pengujian kali ini dapat menyamai, mengurangi, bahkan lebih dari nilai kekerasan baja karbon yang digunakan.
=================================================================================================================================
The propeller shaft system is one of the important components in ship operations. However, there is still often damage to the propeller shaft system, one of which is a crack in the propeller shaft spie housing. This damage can affect the performance of the ship in the ship because the propeller is one part of the ship propulsion installation. So that repairs are needed to restore the performance of the propeller shaft system. Welding is a form of repair that will be carried out to remove cracks in the propeller shaft spie housing. Since there is no standard governing the spie housing of the propeller shaft of ships, improvements are often found in the repair process. So that it can cause an accident on the ship while sailing. The repairs were carried out using the SMAW welding method with a crack depth limit of 10mm. The test material used is in the form of a tube with a diameter of 100mm. The repair process carried out will use two electrodes, namely E7018 and E9018, besides that it will use heat treatment in the form of preheat at 300oC and 400oC and PWHT with temperatures of 650oC and 800oC. With different repair behavior on each tested material, the data structure and hardness values will differ depending on the repair treatment used. The improvement process in this test can seed, reduce, even more than the hardness value of the carbon steel used.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rumah spie, poros propeller, reparasi, spie house, propeller shaft, repair |
Subjects: | V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc V Naval Science > VC Naval Maintenance |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mohamad daffa byanfadhilah |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 04:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:15 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/96335 |
Actions (login required)
View Item |