Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Cerdas untuk Optimalisasi Rute Mobil Antar Jemput Siswa Sekolah

Hamizan, Nizar Alief (2023) Pengembangan Aplikasi Mobile Sistem Cerdas untuk Optimalisasi Rute Mobil Antar Jemput Siswa Sekolah. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211840000049-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211840000049-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi manusia, terutama anak-anak di masa usia sekolah. Kewajiban untuk menuntut ilmu ini mengharuskan para siswa untuk berangkat ke sekolah untuk menuntut ilmu. Dan ini mengharuskan mereka untuk berangkat dari rumah menuju sekolah masing-masing agar kegiatan menuntut ilmu dapat terlaksana. Salah satu faktor kendala adalah karena siswa usia sekolah belum boleh mendapatkan SIM karena usia yang terlalu muda sehingga butuh bantuan orang tua untuk mengantarkan mereka menuju ke sekolah. Namun banyaknya kendaraan pribadi orang tua siswa dapat menyebabkan kemacetan pada jam berangkat dan pulang sekolah di area depan sekolah. Oleh karena itu, pihak sekolah menyediakan sarana antar jemput siswa. Sarana ini dirasa dapat mengurangi kemacetan yang ditimbulkan dari kendaraan pribadi setiap orang tua atau wali murid. Namun terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi oleh layanan ini, seperti efektivitas waktu, rute, dan jumlah siswa yang ditampung dalam setiap kendaraan antar jemput. Hal ini dapat disebabkan karena kesalahan penghitungan manual dari manusia. Masalah ini bisa digolongkan sebagai masalah Vehicle Routing Problem (VRP) yang merupakan permasalahan yang bersangkutan dengan pendistribusian barang antara Gudang dengan pelanggan. Masalah ini dapat dipecahkan dengan mengimplementasikan algoritma untuk melakukan perhitungannya dan melakukan optimasi terhadap hasil yang telah ada sebelumnya. Oleh karena itu, digagaskan sebuah penyelesaian dengan penggunaan algoritma untuk menghitung dan menetapkan rute untuk setiap kendaraan antar jemput yang ada agar dapat lebih menghemat waktu tempuh, panjang rute, dan jumlah siswa yang diangkut setiap kendaraan. Algoritma yang digunakan adalah algoritma genetika jenis memetika yang merupakan algoritma yang menggunakan prinsip Evolusi Darwin dengan menggunakan proses seleksi, persilangan, dan mutasi untuk menemukan hasil penyelesaian terbaik. Sehingga algoritma ini dirasa mampu memberikan hasil terbaik dari permasalahan yang diangkat pada tugas akhir ini. Akan dibuatkan pula aplikasi berbasis mobile android yang akan digunakan beriringan dengan algoritma agar algoritma dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini akan digunakan untuk menampilkan peta rute perjalanan yang akan ditempuh oleh setiap kendaraan antar jemput dan memasukkan input untuk variabel penghitungan dari algoritma.

=================================================================================================================================

Education is a very important thing for human, especially children at school age. The obligation to pursue knowledge requires students to go to school to learn. And this requires them to go from home to each school so that the activity of pursuing knowledge can be carried out. One of the obstacles is that school-age students are not allowed to have a driver's license because they are too young, so they need the help of their parents to take them to school. However, the large number of private vehicles of students' parents can cause traffic congestion at the time of departure and return from school in the front of the school. Therefore, the school provides a student pick-up and drop-off service. This facility is considered to be able to reduce traffic congestion caused by the private vehicle of each parent or guardian. However, there are some obstacles that are often encountered by this service, such as the effectiveness of time, route, and the number of students accommodated in each pick-up and drop-off vehicle. This can be caused by manual errors from humans. This problem can be classified as a Vehicle Routing Problem (VRP) which is a problem that concerns the distribution of goods between warehouses and customers. This problem can be solved by implementing algorithms to do the calculations and making optimizations to existing results. Therefore, a solution is proposed with the use of an algorithm to calculate and determine routes for each pick-up and drop-off vehicle so that it can save time, route length, and the number of students carried on each vehicle. The algorithm that will be used is a genetic algorithm of the type memetic, which is an algorithm that uses the principle of Darwin's Evolution by using the process of selection, crossover, and mutation to find the best solution. So, this algorithm is considered to be able to provide the best results from the problem raised in this final task. An android-based mobile application will also be made to be used along with the algorithm so that the algorithm can be used easily and quickly. This application will be used to display the route maps of the journey to be taken by each pick-up and drop-off vehicle and input variables for calculations from the algorithm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Vehicle Routing Problem, Memetic Algorithm, Route Optimization
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nizar Alief Hamizan
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:07
Last Modified: 08 Feb 2023 09:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96399

Actions (login required)

View Item View Item