Pembangunan Basis Pengetahuan Permainan Simulasi Kompetisi Sumber Daya Untuk Meningkatkan Pengalaman Orientasi Pemain Baru

Dzaky, Ghazy Muhammad (2023) Pembangunan Basis Pengetahuan Permainan Simulasi Kompetisi Sumber Daya Untuk Meningkatkan Pengalaman Orientasi Pemain Baru. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211840000119-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211840000119-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Game online menjadi tren baru yang banyak diminati karena seseorang tidak lagi bermain sendirian (single), tetapi memungkinkan bermain bersama beberapa orang sekaligus dari berbagai lokasi (multiplayer). Salah satu contoh online game adalah Utopia-game. Game ini dapat dimainkan untuk membangun Kerjasama tim tanpa harus memainkan game secara intensif. Utopia-game ini memiliki tingkat kompleksitas informasi dan pengetahuan yang cukup tinggi. Tutorial yang disediakan hanya sebatas menjelaskan fungsi fitur secara garis besar. Sehingga terdapat jurang pengetahuan dimana meskipun pemain sudah mengetahui cara bermainnya namun mereka harus aktif dan rajin di forum untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk pemain pemula agar dapat berkontribusi secara cepat kedalam team. Selain itu penelitian ini akan memberikan pengetahuan bagaimana membuat basis pengetahuan melalui online forum. Penelitian ini menggunakan metode zettelkasten dengan melakukan pencatatan terhadap data yang didapatkan melalui forum, discord dan pengalaman secara langsung untuk membangun pengetahuan. Pembangunan basis pengetahuan dilakukan menggunakan tools obisidian. Dari hasil analisis yang telah dilakukan terdapat dua jenis peran pemain didalam game yaitu pure dan hybrid. Peran pure terdiri dari attacker, mage dan thief sedangkan hybrid terdiri dari attacker thief, attacker mage, thief mage, grower bank dan terminator. Setiap peran memiliki karakter bermain masing masing. Pemain dapat memaksimalkan perannya dengan memanfaatkan sumber daya, infrastruktur, ras, personality dan strategi bermain. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, pemain dapat memanfaatkan fitur berdasarkan peran yang ada dalam game. Obsidian dapat membatu membangun basis pengetahuan dengan menguhubungkan antara informasi menjadi pengetahuan baru. Namun, dalam membuat pengetahuan lebih terstruktur, tools ini belum menyediakan fitur pendukung sehingga pengetahuan dibuat terstruktur dengan memberikan urutan secara manual. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pemain pemula agar dapat berorientasi lebih cepat terhadap game simulasi kompetisi sumber daya. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman dalam menggunakan tools obsidian
=======================================================================================================================================
Online games are a new trend that is in great demand because a person no longer plays alone (single), but allows playing with several people at the same time from various locations (multiplayer). One example of an online game is Utopia-game. This game can be played to build teamwork without having to play games intensively. Utopia-this game has a fairly high level of complexity of information and knowledge. The tutorial provided is only limited to explaining the function of the features in an outline. So that there is a knowledge gap where even though the players already know how to play, they must be active and diligent in the forums to get a maximum experience. This research aims for novice players to be able to contribute quickly to the team. In addition, this research will provide knowledge on how to create a knowledge base through online forums. This study uses the zettelkasten method by recording data obtained through forums, disputes and direct experience to build knowledge. The development of the knowledge base is carried out using obisidian tools. This research aims for novice players to be able to contribute quickly to the team. In addition, this research will provide knowledge on how to create a knowledge base through online forums. This research is expected to help novice players to orient more quickly towards resource competition simulation games. In addition, this research is expected to increase experience in using obsidian tools

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Utopia Game, Social Game, Zettelkasten, Obsidian Vault
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.2 Knowledge management.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ghazy Muhammad Dzaky
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:38
Last Modified: 08 Feb 2023 07:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96488

Actions (login required)

View Item View Item