KURNIANTI, LIZA FEBBY (2016) PENGARUH KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA DAN BAP TERHADAP PERTUMBUHAN BIJI Dendrobium capra J.J. Smith SECARA IN VITRO. In: Final Assignment, Biology Department. Faculty of Mathematics and Science.
Preview |
Text
1507100012-paper.pdf - Published Version Download (742kB) | Preview |
Preview |
Text
1507100012-presentation.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
kombinasi konsentrasi NAA dan BAP serta untuk mengetahui
berapa konsentrasi NAA dan BAP yang optimal terhadap
pertumbuhan biji anggrek D. capra. Biji anggrek D. capra
ditanam pada medium ½ MS dengan kombinasi perlakuan Zat
Pengatur Tumbuh (ZPT) NAA (0,1; 0,2; 0,3; 0,4; 0,5 mg/L) dan
BAP (0,1; 0,3; 0,5 mg/L), dan perlakuan tanpa ZPT juga
disertakan sebagai kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase pertumbuhan biji D. capra berkisar 3.75% - 18.79%.
Persentase pertumbuhan biji pada perlakuan tanpa ZPT (kontrol)
lebih rendah (3.75%) dibandingkan dengan perlakuan dengan
penambahan ZPT dengan persentase pertumbuhan biji tertinggi
pada perlakuan 0,4 NAA dan 0,1 BAP yaitu 18.79%. Namun, uji
anova menunjukkan bahwa kombinasi konsentrasi ZPT NAA dan
BAP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan
biji D. capra. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung
program perbanyakan anggrek langka yang efektif dan efisien
untuk mendukung program konservasi anggrek langka khususnya
D. capra.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | RSBi 584.4 Kur p |
Uncontrolled Keywords: | NAA, BAP, protocorm, persentase pertumbuhan biji, Dendrobium capra dan konservasi |
Subjects: | Q Science Q Science > QH Biology > QH301 Biology |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Biology > 46201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 08:09 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 02:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
View Item |