Perencanaan Atap Stadion Utama Palaran Kota Samarinda Dengan Rangka Baja

Handayanti, Sari (2007) Perencanaan Atap Stadion Utama Palaran Kota Samarinda Dengan Rangka Baja. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3102100047-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3102100047-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (39MB)

Abstract

PON XVII pada tahun 2008 mendatang akan dilaksanakan di Kalimantan Timur, salah satu fasilitas yang dipersiapkan adalah pembangunan stadion. Ada beberapa stadion yang dibangun, stadion utama dibangun di daerah Simpang Pasir, Palaran kota Samarinda. Stadion merupakan bangunan besar yang akan digunakan untuk menampung banyak orang, maka stadion dikategorikan sebagai bangunan monumental dan juga bisa digunakan pada saat emergency. Dalam perencanaannya, stadion harus diperhitungkan dengan teliti dan harus memperhatikan beban-beban yang bekerja pada struktur tersebut, terutama beban angin. Stadion diharapkan bebas hambatan kolom yang akan dapat mengganggu kegiatan di dalamnya, maka dari itu untuk struktur atapnya akan direncanakan berbentuk kanopi dengan bentang ± 40 meter. Material yang dipakai dari bahan baja berbentuk box dengan dimensi yang besar tepat di atas perletakan dan dimensi box mengecil pada ujung kanopi. Baja box kemudian digantung pada ujungnya menggunakan kabel wire rope yang kemudian akan ditumpu pada sebuah pylon. Dengan demikian arena stadion akan terhindar dari adanya kolom yang mungkin terjadi akibat bentang yang sangat panjang. Struktur atap memiliki jumlah yang sangat banyak dan berbentuk yang seragam, maka dalam perencanaannya akan dikelompokkan menjadi beberapa macam saja agar lebih sederhana. Dalam perhitungan dimensi strukturnya, akan dipakai bentang yang paling optimum disetiap macamnya. Penggunaan bahan baja dikarenakan baja mempunyai kekuatan tinggi, yaitu bahan baja walaupun dari jenis yang paling rendah kekuatannya, tetap memiliki perbandingan kekuatan per-volume lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan-bahan bangunan lainnya yang umumnya dipakai. Hal ini memungkinkan perencanaan konstruksi baja bisa mempunyai beban mati yang lebih kecil untuk bentang yang panjang. Hasil dari perencanaan atap stadion ini diharapkan diperoleh hasil yang optimum dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menampung banyak penonton tanpa adanya kolom penghalang.
===============================================================================================================================
PON XVII will be held in East Kalimantan, in 2008. One of facilities which prepared is stadium construction. There are some stadiums have been built, the main stadium is built in Simpang Pasir Area, Palaran, Samarinda City. The Stadium is a large building which will be used to accomodate many people, so that, the stadium categorized as monumental building which also can be used at the time of emergency. In the plan, the stadium must be analysed accurately and has to pay attention the l loads at the structure, especially wind load. This Stadium is expected free of resistance column which can disturb activities inside, so that, for the roof of structure will be planned in form of canopy which has span about 40 metres. The materials used from steel material in form of box with large dimension, precisely above of supported end, and the box dimension minimize at the end of canopy. The box steel then hung at the end of canopy by using wire rope cable which later will be layed on a pylon. With that way, the stadium arena will be protected from existence column which possible happened because of its span are very long. The roof of structure have a lot of amount and different form, so that in its planning some of them would be grouped to be more simple. In the analyse of its structure dimension, it will use the optimal span in each kinds. Usage the steel material because its high strength, although steel materials from the lowest strength, it still has strength comparison pervolume higher than other materials which majority used. So this problem enable steel construction planning could have dead load which is smaller to long span. The result from planning of this stadium roof is expected to get the optimum result and could be exploited as maximum as possible to accomodate many audience without existence of barrier column.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 690.582 7 Han r 2007
Uncontrolled Keywords: Stadion, Rangka Baja, Stadium, Steel truss
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: davi w
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:23
Last Modified: 08 Mar 2023 07:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96567

Actions (login required)

View Item View Item