Pengaruh Food Blogger Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Online di Surabaya

Al Khawarizmi, Aldi Arhab (2023) Pengaruh Food Blogger Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Online di Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000139-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri kuliner Indonesia merupakan salah satu industri yang terus berkembang secara pesat dari tahun ketahun, dimana perkembangan industri ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah masyarakat Indonesia yang terus bertambah. Pandemi Covid-19 menyebabkan pergeseran perilaku masyarakat terkait métode pembelian makanan dan minuman secara online, hal ini menuntut perusahaan untuk lebih memperhatikan aspek pemasaran melalui sosial medianya. Salah satu strategi pemasaran melalui sosial media yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan food blogger. Sampel dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya, karena masyarakat Surabaya memiliki tingkat daya konsumsi tertinggi di Jawa Timur terhadap makanan dan minuman. Metode analysis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak signifikan foodblogger terhadap keputusan pembelian atas 75 responden. Hasil penelitian ini pengujian terhadap responden merupakan penonton konten Foodblogger dan memiliki intensitas dalam melakukan pembelian makanan online. Umumnya responden responden menyediakan waktu pada kesehariannya untuk menonton konten review makanan yang dilakukan oleh foodblogger.
===============================================================================================================================
The Indonesian culinary industry is one of the industries that continues to grow rapidly from year to year, where the development of this industry is motivated by the increasing number of Indonesian people who continue to grow. The Covid-19 pandemic has caused a shift in people's behavior regarding the method of buying food and drinks online, this requires companies to pay more attention to marketing aspects through their social media. One marketing strategy through social media that can be implemented by companies is to utilize food bloggers. The sample of this research is the people of Surabaya, because the people of Surabaya have the highest level of consumption power in East Java for food and beverages. The data analysis method used in this study is PLS-SEM. This study aims to determine the significant impact of food bloggers on purchasing decisions for 75 respondents. The results of this study tested respondents who are viewers of Foodblogger content and have an intensity in buying food online. In general, respondents provide time on a daily basis to watch food review content conducted by foodbloggers.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: food blogger, pembelian makanan online, Online Food Purchase, PLS-SEM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldi Arhab Al Khawarizmi
Date Deposited: 10 Feb 2023 20:29
Last Modified: 10 Feb 2023 20:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96573

Actions (login required)

View Item View Item