Desain Aplikasi Terintegrasi Pengelolaan Petikemas di Lini Dua Pada Angkutan Laut: Studi Kasus PT. PELNI

Zakaria, Syawwaludin Rahmad (2023) Desain Aplikasi Terintegrasi Pengelolaan Petikemas di Lini Dua Pada Angkutan Laut: Studi Kasus PT. PELNI. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411740000033_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411740000033_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Naiknya volume muatan petikemas dari tahun 2019 sebesar 941 Teus menjadi 2896 Teus di tahun 2020 tidak diikuti pemenuhan permintaanakibat kurangnya stok petikemas kosong. Faktor utama kurangnya stok petikemas yaitu tidak adanya pengawasan terhadap waktu tinggal petikemas dipelabuhan tujuan layanan PT.Pelni, belum adanya data keseluruhan petikemas dan pengelolaan secara terintegrasi pada PT.SBN dengan PT.Pelni. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan sistem informasi pada PT. Pelni khususnya pada PT. Sarana Bandar Nasional (SBN) sebagai salah satu penyedia layanan usaha depo petikemas di lini dua melalui pembuatan desain aplikasi. Pengintegrasian dilakukan pada pengeluaran serta pemilihan nomor petikemas kosong yang tersedia pada data stok PT.SBN dengan halaman pemesanan PT.Pelni melalui aplikasi mycargoo dengan bantuan Microsoft Acces. Kebutuhan pengguna didapatkan melalui wawancara dan pemetaan empati (Empathy Map) kepada pihak depo PT.SBN dan penanggung jawab pihak Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Pada tahap pembuatan desain dilakukan proses digitalisasi berkas pada keseluruhan proses bisnis sesuai dengan kebutuhan pengguna. Status petikemas pada proses bisnis menjadi bagian penting karena harus disesuaikan dengan kondisi nyata di lapangan. Pada permasalahan pemenuhan stok dilakukan analisis stok aman (Safety Stock) untuk mendapatkan persamaan y = 0,6281x + 30,812 dengan y adalah jumlah total persediaan dan x adalah permintaan per bulan yang dimasukkan dalam rekomendasi pemenuhan stok bulanan pada desain aplikasi. Perbandingan penggunaan aplikasi dan kondisi proses bisnis saat ini perlu dilakukan untuk menguji kebermanfaatan penerapan dari aplikasi terintegrasi dengan melakukan analisis kebermanfaatan (Cost Benefit Analysis) dengan manfaat sebesar Rp. 376.42.218 per tahun dan index kebermanfaatan sebesar 1,1 > 1 yang berarti pembuatan aplikasi layak diupayakan.
========================================================================================================================
The increase in container cargo volume from 941 Teus in 2019 to 2896 Teus in 2020 was not followed by fulfilling the maximum demand due to a lack of empty container stock. The main contributing factor of the lack is the absence of monitoring of the container dwell time at the PT. Pelni service destination port, the absence of overall container data and integrated management of PT. SBN and PT. Pelni. This study aims to develop information systems at PT. Pelni especially at PT. Sarana Bandar Nasional (SBN) as one of the second line container depot business service providers through the creation of application designs. Integration is carried out on the issuance and selection of available empty container numbers in the PT.SBN stock data with the PT.Pelni order page through the mycargoo application with the help of Microsoft Access. User needs are obtained through interviews and empathy mapping (Empathy Map) to the PT. SBN depot and the person in charge of the Ship Freight Expedition (SFE). At the design stage, the file digitization process is carried out in all business processes according to user needs. The status of containers in business processes is an important part because they have to be adjusted to real conditions in the field. For stock fulfillment problems, a safety stock analysis is carried out to obtain the equation y = 0.6281x + 30.812 where y is the total inventory and x is the demand per month which is included in the monthly stock fulfillment recommendations in the application design. Comparison of application usage and current business process conditions needs to be done to test the usefulness of implementing integrated applications by conducting a Cost Benefit Analysis with a benefit of Rp. 376,42,218 per year and a usefulness index of 1.1 > 1, which means that making an application is worth the effort.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RSTrl 658.403 801 1 Zak d-1 2023
Uncontrolled Keywords: Containers, Integration, Stock, Data, Digitalization, Petikemas, Integrasi, Stok, Data, Digitalisasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syawwaludin Rahmad Zakaria
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:06
Last Modified: 28 Aug 2023 05:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96587

Actions (login required)

View Item View Item