Analisis Hubungan Orientasi Proses Bisnis terhadap Performa Organisasi dengan Structural Equation Modeling untuk Pengembangan Rekomendasi Peningkatan Performa

Harjanto, Stefanus Christian Susetyo (2023) Analisis Hubungan Orientasi Proses Bisnis terhadap Performa Organisasi dengan Structural Equation Modeling untuk Pengembangan Rekomendasi Peningkatan Performa. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of SE_BUKUTESIS_6026202012_Stefanus Christian Susetyo Harjanto.pdf] Text
SE_BUKUTESIS_6026202012_Stefanus Christian Susetyo Harjanto.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi akan selalu mencari cara untuk meningkatkan performanya agar dapat bertahan dalam lingkungan bisnis. Salah satu cara untuk meningkatkan performa organisasi adalah dengan meningkatkan orientasi proses bisnis atau Business Process Orientation (BPO). Skrinjar dan Trkman (2013) telah mengidentifikasi praktik yang dapat digunakan untuk meningkatkan orientasi proses bisnis. Namun, penelitian terdahulu membahas mengenai praktik secara individu sehingga belum diketahui bagaimana hubungan antar praktik dan hubungannya dengan performa organisasi. Penelitian ini akan menguji dan mengkonfirmasi hubungan berbagai praktik dari BPO terhadap performa organisasi. Penelitian ini diawali dengan melakukan studi literatur yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan model dari hubungan praktik dan performa organisasi berdasarkan. Variabel yang akan digunakan adalah sembilan praktik BPO dan performa organisasi. Selanjutnya dirancangkan sebuah kuesioner untuk mengumpulkan data dari berbagai organisasi di Indonesia. Survei disebarkan secara daring ke berbagai perusahaan di Indonesia. Hasil survei kemudian diolah terlebih dahulu untuk menjaga kualitas dari data yang didapatkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan antara beberapa praktik yang saling mendukung. Selain itu pada penelitian ini juga dilakukan analisis multi-group yang menghasilkan kesimpulan bahwa hubungan tersebut juga dapat dipengaruhi oleh ukuran dari organisasi atau perusahaan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat hubungan antara praktik BPO yang secara bersama – sama menciptakan dampak terhadap performa organisasi. Praktik tersebut adalah Strategic View (SV), Performance Measurement (PM), Process Definition (PD), Customer (CU), dan Information Technology (IT). Praktik – praktik beserta indikatornya dikembangkan menjadi rekomendasi yang memberikan petunjuk bagi organisasi untuk meningkatkan performanya dengan melakukan pengembangan strategi organisasi, mengukur performa dari perusahaan dan menjadikannya sebuah tolak ukur untuk pengembangan proses, semua proses bisnis yang terdapat pada organisasi didefinisikan secara jelas dan lengkap, mengelola hubungan dengan pelanggan, dan melakukan pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi untuk mendukung berjalannya proses bisnis pada perusahaan.
===============================================================================================================================
Organizations will always look for ways to improve their performance in order to survive in the business environment. One way to improve organizational performance is to improve business process orientation or Business Process Orientation (BPO). Skrinjar and Trkman (2013) have identified practices that can be used to improve business process orientation. However, previous research has discussed individual practices so it is not yet known how the relationship between practices and their relationship to organizational performance is known. This research will examine and confirm the relationship of various BPO practices to organizational performance. This research begins with conducting a literature study whose results will be used as a basis for developing a model of the relationship based on organizational practice and performance. The variables to be used are nine BPO practices and organizational performance. Furthermore, a questionnaire was designed to collect data from various organizations in Indonesia. The survey was distributed online to various companies in Indonesia. The survey results were then processed first to maintain the quality of the data obtained, then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method to analyze the relationship between variables. The results of this study found that there is a relationship between several mutually supportive practices. In addition, this research also carried out a multi-group analysis which resulted in the conclusion that these relationships can also be influenced by the size of the organization or company. The results of this study also found that there is a relationship between BPO practices which together create an impact on organizational performance. These practices are Strategic View (SV), Performance Measurement (PM), Process Definition (PD), Customer (CU), and Information Technology (IT). Practices and their indicators are developed into recommendations that provide guidance for organizations to improve their performance by developing organizational strategies, measuring company performance and making it a benchmark for process development, all business processes within the organization are defined clearly and completely, managing relationships with customers, and develop and manage information technology to support the running of business processes in the company.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: orientasi proses bisnis, performa organisasi, praktik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Stefanus Christian Susetyo Harjanto
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:22
Last Modified: 10 Feb 2023 03:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96662

Actions (login required)

View Item View Item