Futbola: Desain Dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Lapangan

Wimanto, Surendro Aji (2023) Futbola: Desain Dan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Lapangan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211840000123-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211840000123-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sepak bola merupakan olahraga yang memiliki peminat dari berbagai kalangan. Olahraga sepak bola mempunyai penikmat dan penonton paling banyak dibanding dengan olahraga lainnya. Indonesia merupakan negara penggemar sepakbola nomor dua di dunia. Berdasarkan survei yang dilakukan Nielsen Sport, sebanyak 77% penduduk Indonesia menggemari sepakbola. Olahraga sepak bola sendiri membutuhkan fasilitas penunjang seperti lapangan sepak bola. Calon pengguna lapangan terbiasa mencari informasi dengan cara mengunjungi satu website ke website lainnya, menggunakan platform media sosial seperti Instagram dan facebook, serta menanyakan ketersediaan lapangan melalui sambungan telpon. Bahkan pemain bola amatir mendapatkan informasi mengenai lapangan hanya dari bertanya langsung kepada teman. Setiap lapangan sepak bola memiliki kualitas yang berbeda seperti rumput yang dipakai, panjang dan lebar lapangan, ukuran gawang yang dipakai, ruang ganti, kamar mandi, parkiran dan tempat makan. Dengan banyaknya lapangan sepakbola yang ada di Jakarta, calon pengguna yang belum pernah bermain di salah satu lapangan akan bingung untuk memilih lapangan karena tidak semua lapangan sepakbola memberikan informasi detail mengenai lapangannya. Ketersediaan dan harga sewa lapangan juga menjadi faktor penentu bagi para tim amatir untuk memilih dimana mereka akan bermain. Tim sepakbola amatir akan menentukan lapangan dengan memilih jadwal ketersediaan lapangan yang sama dengan waktu kosong para pemain di tim tersebut. Dibutuhkan fitur yang membantu tim sepakbola amatir mendapatkan rekomendasi lapangan sepakbola sesuai dengan preferensi tim. peneliti membuat rancangan peluang desain terkait pemilihan lapangan sepakbola. Rancangan desain ini akan dibuat dengan metode prototyping. Pemilihan lapangan ditentukan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan agar tim sepakbola amatir bisa memilih lapangan yang mereka inginkan.
==================================================================================================================================
Football is a sport that has fans from all walks of life. Football has the most connoisseurs and spectators compared to other sports. Indonesia is the number two football fan country in the world. Based on a survey conducted by Nielsen Sport, as many as 77% of Indonesians like football. The sport of football itself requires supporting facilities such as a soccer field. Prospective field users are used to looking for information by visiting one website after another, using social media platforms such as Instagram and Facebook, and asking for availability through telephone calls. Even amateur football players get information about the field just by asking friends directly. Each soccer field has different qualities such as the grass used, the length and width of the field, the size of the goals used, locker rooms, bathrooms, parking and places to eat. With so many football fields in Jakarta, prospective users who have never played on one of the fields will be confused about choosing a field because not all football fields provide detailed information about the field. Field availability and rental prices are also determining factors for amateur teams to choose where they will play. The amateur football team will determine the field by choosing the same field availability schedule as the free time of the players on the team. A feature is needed that helps football teams get recommendations for football fields according to the team's preferences. the researcher makes a design opportunity design related to the selection of a football field. This design plan will be made using the prototyping method. Field selection is determined using a decision support system so that amateur football teams can choose the field they want.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Prototyping, Lapangan Sepakbola, Sepakbola Amatir, Decision Support Systems, Prototyping, Soccer Fields, Amateur Soccer
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Surendro Aji Wimanto
Date Deposited: 12 Feb 2023 02:43
Last Modified: 12 Feb 2023 02:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96727

Actions (login required)

View Item View Item