Alfarizi, Prasetyo (2023) Evaluasi dan Pemeliharaan Perkerasan Lentur Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Gresik Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (KM 24+400 - KM 34+400). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10111710010086-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2025. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menunjang perekonomian di Kabupaten Gresik, transportasi adalah salah satu sarana terpenting yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi daerah. Dan untuk menunjang kelancaran transportasi darat yang mempunyai peranan penting tersebut, jalan merupakan faktor utama yang mempengaruhi pergerakan transportasi. Sehingga diperlukan kualitas infrastruktur jalan yang baik guna memperlancar kegiatan perekonomian dan pemerataan pembangunan.
Dengan semakin tingginya pertumbuhan ekonomi penduduk, mengakibatkan meningkatnya lalu lintas yang membuat beban jalan sudah tidak sesuai lagi dengan perencanaan sebelumnya, khususnya yang terjadi pada daerah perbatasan Gresik dan Lamongan yaitu di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan evaluasi perkerasan lentur jalan yang baik dan pemeliharaan yang berkelanjutan.
Data yang diperoleh dari proyek ini adalah gambar tampak jalan, data LHR, data AHS, dan data CBR dalam bentuk soft file. Data diolah untuk dijadikan analisa kerusakan dan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut. Dari hasil pengolahan data, dapat dibuat evaluasi perhitungan kerusakan untuk kemudian dihitung volumenya dan dilakukan perbaikan dan pemeliharaan menggunakan metode Pavement Condition Index dan Bina Marga. Adapun alat bantu yang digunakan dalam melakukan evaluasi ini diantaranya adalah kamera, pulpen, buku catatan, roll meter, dan data jalan.
Hasil survey lapangan sepanjang 10 Km terdapat sebelas jenis kerusakan yang ditemukan, terdiri atas alur, pengausan, kegemukan, pelepasan butir, tambalan, lubang, sungkur, retak kulit buaya, retak halus, retak memanjang, dan retak pinggir. Hasil rata-rata nnilai PCI adalah 78,18 dan nilai Bina Marga adalah 2,21 sehingga masuk dalam program pemeliharaan rutin. Metode perbaikan yang digunakan meliputi P2, P3, P4, P5, dan P6. Selanjutnya untuk rencana anggaran biaya mendapatkan pembulatan estimasi yang diperlukan untuk perbaikan adalah sebesar Rp 667.655.000,- (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah).
=================================================================================================================================
In supporting economic matters in Gresik Regency, transportation is one of the most important tool that influence regional economic development. And to support the fluency of land transportation, road is the main factor of transportation movement. So it needs a good road infrastructure quality that has an important role to facilitate economic activities and equitable development.
With the increasing number of population economic growth, resulting in increased traffic which makes the road load no longer in accordance with the previous planning which occurred especially in the Gresik and Lamongan border area. So it is necessary to evaluate the flexible pavement structure and sustainable maintenance in the area.
The data obtained from this project are road bird-view shop drawing, LHR data, AHS data, and CBR data in the form of soft files. The data is processed to be used as an analysis of damage and traffic density on the road. From the results of data processing, an evaluation of the damage calculation can be made to then calculate the volume and repair and maintenance using the Pavement Condition Index and Bina Marga methods. The tools used in conducting this evaluation include cameras, pens, notebooks, roll meters, and road data.
The result of the field survey of 10 Km found 11 types of damage. Consisting rutting, weathering, bleeding, raveling, patching, potholes, shoving, alligator crack, block crack, longitudinal crack, and edge crack. The average PCI score is 78,18 and the average Bina Marga score is 2,21so that it’s included in the routine maintenance program. The maintenance methods used are P2, P3, P4, P5, and P6. For the budget plan, the estimated rounding needed is Rp 667.655.000,- (Six Hundred Sixty Seven Six Hundred Fifty Five Million Rupiahs).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pavement Condition Index, Bina Marga, Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan Rutin, ArcGIS, dan Biaya Perbaikan. ========================================================== Keywords: Pavement Condition Index, Bina Marga, Flexible Pavement Evaluation, Routine Maintenance, ArcGIS, and Estimated Budget Plan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Prasetyo Alfarizi |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 03:18 |
Last Modified: | 12 Feb 2023 03:18 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/96841 |
Actions (login required)
View Item |