Atho'illah, Abdul Chobir (2023) Analisa Percepatan Waktu dan Biaya Menggunakan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Pemeliharaan Pekerjaan Scrapping, Filling and Overlay (SFO) pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Tahun 2020. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10111710010076-undergraduate_thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 July 2025. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penulisan tugas akhir ini akan dilakukan analisis percepatan pada Proyek pemeliharaan pekerjaan scrapping, filling, and overlay (SFO) pada ruas jalan tol Surabaya-Gempol tahun 2020. Kontraktor yang melaksanakan proyek ini adalah PT.Tectonia grandis. Lokasi pelaksanaan proyek terletak pada ruas jalan tol Surabaya-Gempol. Pelaksanaan proyek ini dijadwalkan selama 30 minggu dimulai pada minggu ke-1 bulan Juli 2020 sampai dengan minggu ke-4 bulan Januari 2021. Namun pada realita Proyek tersebut mengalami keterlambatan, poryek tersebut dapat diselesaikan pada minggu ke-4 bulan Februari 2021. Faktor yang menyebabkan keterlambatan pada proyek ini adalah disebabkan oleh cuaca hujan, dan yang kedua disebabkan oleh keterlambatan material.Pada tugas akhir kali ini akan digunakan metode percepatan menggunakan metode Time Cost Trade Off (TCTO). TCTO merupakan metode analisis yang digunakan untuk mempercepat waktu pelaksanaan. Percepatan waktu pekerjaan dilakukan pada pekerjaan yang berada pada lintasan kritis. Lintasan kritis pada tugas akhir ini dibantu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Project. Langkah-langkah dalam melakukan percepatan ini adalah penyusunan Network Diagram, menentukan skenario crashing, menentukan crash duration dan crash cost, menghitung cost slope, penyusunan cost slope dari yang terendah dan melakukan tahap iterasi. Setelah dilakukan analisa TCTO maka akan didapatkan hasil berupa beberapa macam alternatif waktu dan biaya proyek yang baru. Dari banyak alternatif waktu dan biaya akan dipilih penyelesaian proyek yang paling optimum.Biaya total setelah mengalami keterlambatan pada proyek ini adalah sebesar Rp11.344.814.824 dengan rincian biaya awal kontrak RAB sebesar Rp.11.188.180.300 ditambah denda sebesar Rp.156.634.524. Setelah dilakukan percepatan, biayatotal untuk aktivitas sisa pada proyek ini menjadi Rp 11.238.680.464 dengan pengurangan durasiselama 34 hari yaitu 238 hari menjadi 204 hari.
====================================================================================================================================
In writing this final project, an acceleration analysis will be carried out on the scrapping, filling, and overlay (SFO) maintenance project on the Surabaya-Gempol toll road section in 2020. The contractor carrying out this project is PT.Tectonia grandis. The project implementation location is located on the Surabaya-Gempol toll road. The implementation of this project is scheduled for 30 weeks starting in the 1st week of July 2020 until the 4th week of January 2021. However, in reality the project experienced delays, the project could be completed in the 4th week of February 2021. Factors causing the delay on this project was caused by rainy weather, and the second was caused by material delays.In this final project, the acceleration method will be used using the Time Cost Trade Off (TCTO) method. TCPO is an analytical method used to speed up implementation time. Acceleration of work time is done on jobs that are on the critical path. The critical path in this final project is assisted by using the Microsoft Project application. The steps in carrying out this acceleration are preparing a Network Diagram, determining a crashing scenario, determining the crash duration and crash cost, calculating the cost slope, compiling the cost slope from the lowest and carrying out the iteration stage. After the TCTO analysis is carried out, the results will be obtained in the form of several types of alternative time and cost of the new project. Of the many time and cost alternatives, the most optimal project completion will be selected. The total costs after experiencing delays in this project amounted to IDR 11,344,814,824 with details of the initial RAB contract costs of IDR 11,188,180,300 plus a fine of IDR 156,634,524. After acceleration, the total cost for the remaining activities on this project is IDR 11,238,680,464 with a reduced duration of 34 days, namely 238 days to 204 days.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisa Percepatan; Jalan Tol; Time Cost-Trade Off |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Abdul chobir athoillah |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 11:53 |
Last Modified: | 12 Feb 2023 11:53 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/96870 |
Actions (login required)
View Item |