Perancangan Buku Pop-Up Legenda Joko Kendil Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Cerita Rakyat Indonesia Pada Anak

Maulidia, Fimala Naura (2023) Perancangan Buku Pop-Up Legenda Joko Kendil Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Cerita Rakyat Indonesia Pada Anak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511840000023-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511840000023-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Cerita rakyat adalah bagian tidak terpisahkan dari khazanah kekayaan budaya Indonesia. Ragam suku, ras, dan bahasa memiliki pengaruh yang sangat besar. Karena umumnya, cerita rakyat bersumber dari adat istiadat dan budaya dari masing-masing daerah. Bisa dibayangkan berapa banyak cerita rakyat di Indonesia yang memiliki 1340 suku bangsa ini. Namun sayangnya, banyak cerita rakyat yang kurang dikenal anak-anak Indonesia. Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya antara lain, karena cerita rakyat dianggap kurang relevan dengan perkembangan zaman. Terutama di era globalisasi yang serba mutakhir dan modern ini. Untuk meningkatkan literasi dan ketertarikan anak terhadap cerita rakyat, penulis mencoba untuk membuat sebuah buku salah satu cerita rakyat di Indonesia. Legenda Joko Kendil. Cerita rakyat asal Jawa Tengah ini dipilih, karena memiliki banyak pesan moral. Antara lain sikap percaya diri, empati, dan saling menghormati. Sikap yang perlu ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin. Agar penyampaiannya menarik, penulis membuat buku cerita 24 halaman. Yang 20 halaman diantaranya berisi ilustrasi berbentuk pop-up. Selain dapat menarik perhatian anak dan membuatnya lebih paham dengan isi yang disampaikan. Buku pop-up ini juga bisa menambah interaksi, menambah kosa kata pada anak, juga menstimulasi imajinasi pada anak. Diharapkan hasil akhir pada perancangan ini dapat menghasilkan buku yang dapat meningkatkan literasi dan imajinasi pada anak. Dan juga untuk menyampaikan pesan moral sekaligus melestarikan budaya Indonesia. Selain itu, penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan dasar untuk penelitian lebih lanjut pada tema yang berkaitan.
===============================================================================================================================
Folklore is part of Indonesia's rich cultural treasures. In Indonesia there are 1340 tribes and many of which have their own folklore. But unfortunately, currently folklore is seen as less attractive, especially by Indonesian children. Many factors are the cause. Several things, among others, because folklore is considered less relevant to the times. Especially in this modern era of globalization. To increase children's literacy and interest in folklore, the author tries to make a book on one of the folktales in Indonesia. The legend of Joko Kendil. This folklore from Central Java was chosen because it has a lot of moral messages. These include self-confidence, empathy, and mutual respect. Attitudes that need to be instilled in children as early as possible. To make the presentation interesting, the author made a 24-page story book. The 20 pages of which contain illustrations in the form of Pop-Ups. Apart from being able to attract the attention of children and make them understand more about the content being conveyed. This Pop-Up Book can also increase interaction, increase vocabulary in children, also stimulate imagination in children. It is hoped that the final results of this design can produce books that can improve literacy and imagination in children. And also to convey a moral message while preserving Indonesian culture. In addition, the authors hope that this research can become a basis for further research on related themes.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pop-up, Joko Kendil, cerita rakyat, Folklore
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fimala Naura Maulidia
Date Deposited: 12 Feb 2023 14:50
Last Modified: 12 Feb 2023 14:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96900

Actions (login required)

View Item View Item