Perencanaan Sistem Pembangkit Daya Propulsi Dan Daya Listrik Catu Hibrida Pada Kapal Purse Seine 60 GT Yang Hemat Energi

Ibrahim, Reyhan (2022) Perencanaan Sistem Pembangkit Daya Propulsi Dan Daya Listrik Catu Hibrida Pada Kapal Purse Seine 60 GT Yang Hemat Energi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6019201006_Master_Thesis.pdf] Text
6019201006_Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi sedang mengalami peningkatan pesat di berbagai sektor industry, khususnya di dunia perkapalan. Banyak berbagai implementasi yang dilakukan meliputi perkembangan mesin-mesin kapal dengan tujuan untuk dapat menghasilkan keunggulan yang optimal baik dalam segi penghematan bahan bakar, efisiensi, serta metode-metode yang mendukung kelayakan kapal pada saat beroperasi, salah satunya adalah kapal purse seine yang menjadi penyokong bahan pokok masyarakat maupun negara. Pengoptimalan dengan cara merencanakan system penggeran serta catu daya kapal terbukti di beberapa penelitian dapat memberikan dampak positif di masa kini dan masa mendatang. Salah satu metode pengoptimalan yang dapat diaplikasikan adalah hybrid propulsion with hybrid power system yang merupakan suatu perencanaan model system pada kapal. Metode ini digunakan dengan cara merancang system yang ideal di kapal dengan menyatukan mesin diesel kapal dengan genset yang ada dengan shaft generator yang dapat mendistribusikan beban-beban yang terdapat pada kapal, dibantu dengan adanya penyimpanan daya serta panel surya sebagai penerapan renewable energy. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk dapat melakukan uji coba model system yang efektif untuk dapat menghasilkan penghematan energy pada kapal purse seine 60 GT yang menjadi objek penelitian. Proses perencanaan model system akan dilakukan dengan cara melakukan perhitungan terkait tahanan dan daya kapal yang dibutuhkan untuk dapat mendukung model hybrid power with hybrid power system, lalu menghitung keseluruhan beban yang terdapat pada kapal guna untuk dapat mendistribusikan kebutuhan daya kepada mesin penggerak dan catu daya kapal. Setelah itu, pemilihan komponen penunjang juga menjadi factor penentu untuk dapat mengoptimalkan system. Hasil perhitungan konsumsi bahan bakar juga berpengaruh untuk dapat memenuhi kebutuhan penghematan energi. Sebanyak 5,94528 ton/trip selisih bahan bakar yang dihasilkan, atau Rp. 638.783.308/trip perbedaan yang terjadi dari kedua kondisi system kapal. Hasil tersebut memberikan dampak positif bahwa dengan pengimplementasian system tersebut sangat membantu dalam hal penghematan energi pada kapal purse seine 60 GT.
=======================================================================================================================================
Technological advances are experiencing rapid increases in various industrial sectors, especially in the world of shipping. Many various implementations have been carried out including the development of ship engines with the aim of being able to produce optimal advantages both in terms of fuel economy, efficiency, as well as methods that support the ship's feasibility during operation, one of which is the purse seine ship which supports fuel. principal of society and the state. Optimization by planning the propulsion system and ship power supply has been proven in several studies to have a positive impact now and in the future. One optimization method that can be applied is hybrid propulsion with hybrid power system which is a system model planning on the ship. This method is used by designing an ideal system on the ship by combining the ship's diesel engine with an existing generator with a generator shaft that can distribute the loads on the ship, assisted by power storage and solar panels as the application of renewable energy. Therefore, this study aims to be able to test an effective system model to be able to produce energy savings on the 60 GT purse seine vessel which is the object of research. The system model planning process will be carried out by calculating the resistance and power of the ship needed to be able to support the hybrid power with hybrid power system model, then calculating the overall load on the ship in order to be able to distribute the power requirements to the propulsion engine and ship power supply. After that, the selection of supporting components is also a determining factor to be able to optimize the system. The results of the calculation of fuel consumption also have an effect on being able to meet the needs of energy savings. A total of 5,94528 tons/trip of the difference in fuel produced, or Rp. 638,783,308/trip the difference between the two ship system conditions. These results have a positive impact that the implementation of the system is very helpful in terms of energy savings on 60 GT purse seine vessels

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hybrid propulsion system, Hybrid power supply system, Purse Seine, Sistem propulsi hibrida, Sistem catu daya hibrida, Purse seine
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Reyhan Ibrahim
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:47
Last Modified: 13 Feb 2023 01:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/96920

Actions (login required)

View Item View Item