STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK RESPON DINAMIK DARI MODEL HYDRAULIC MOTOR - REGENERATIVE SHOCK ABSORBER

ANUAR, KASPUL and GUNTUR, HARUS LAKSANA (2016) STUDI NUMERIK KARAKTERISTIK RESPON DINAMIK DARI MODEL HYDRAULIC MOTOR - REGENERATIVE SHOCK ABSORBER. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV – ITS.

[img]
Preview
Text
197505111999031001_numerik_guntur.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Menyadari besarnya energi terbuang pada gerak translasi dari suspensi kendaraan, tentunya dibutuhkan suatu alat yang mampu memanen energi terbuang tersebut. Pada penelitian ini didesainlah model alat yang disebut Hydraulic Motor - Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Hasil dari desain akan disimulasikan untuk mendapatkan besaran daya yang dihasilkan dan percepatan massa sprung kendaraan terkait dalam hal kenyamanan berkendara. Karakteristik respon dinamik berupa daya bangkitan dan percepatan massa sprung didapatkan dengan mensimulasikan model dari Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber dan model seperempat kendaraan pada software Simulink Matlab. Simulasi dilakukan dengan memberikan eksitasi berbentuk periodik dan impuls. Eksitasi periodik yang diberikan bervariasi pada frekuensi 1 Hz sampai frekuensi 3.5 Hz. Sedangkan eksitasi impuls diberikan hanya pada perioda 0,71 detik. Selain variasi frekuensi pada eksitasi periodik, beban tahanan listrik pada generator juga divariasikan dengan nilai tahanan masing – masing sebesar 6 ohm, 12 ohm dan 18 ohm. Dari hasil simulasi didapatkan nilai respon percepatan massa sprung dibawah 0.8 m/s2 tejadi hanya pada frekuensi 1.4 Hz. Daya maksimum yang dihasilkan HMRSA ini terjadi pada frekuensi 3 Hz sebesar 5.93 watt. Dari simulasi dengan variasi tahanan listrik, terlihat dengan meningkatnya tahanan listrik maka akan meningkatkan nilai percepatan massa sprung dan menurunkan daya yang dihasilkan oleh supensi HMRSA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hydraulic Motor - Regenerative Shock Absorber, karakteristik respon dinamis, Percepatan massa sprung
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 31 May 2016 13:30
Last Modified: 26 Dec 2018 03:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item