Pengaruh Fungsionalitas, Biaya, Teknologi, Emosi, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Purchase Intention Mobil Listrik (BEV)

Bayuadi, Alvin Agung (2023) Pengaruh Fungsionalitas, Biaya, Teknologi, Emosi, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Purchase Intention Mobil Listrik (BEV). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032202214-Master_Thesis.pdf] Text
6032202214-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat warga negara Republik Indonesia untuk membeli mobil listrik baterai di atas rata-rata ASEAN. Penjualan mobil listrik berbasis baterai (BEV) di Indonesia pada 2020 hingga 2022 mencapai 876 unit. Meski mencatatkan pertumbuhan penjualan, cakupan BEV ini masih sangat rendah jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak. Persentase BEV yang terjual bahkan tidak lebih dari 0,5% di setiap tahunnya.Untuk meningkatkan daya beli terhadap mobil listrik yang mendukung pelestarian lingkungan maka penting untuk dilakukan analisis terhadap faktor yang mempengaruhi niat beli mobil listrik (BEV). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fungsionalitas, biaya, teknologi, emosi dan kesadaran lingkungan terhadap niat beli BEV. Berdasarkan data tersebut, jenis penelitian ini adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif dan diperoleh sebanyak 250 responden berusia 24-60 tahun yang pernah mengetahui atau menggunakan BEV dan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsionalitas, biaya, teknologi, emosi, dan kesadaran lingkungan terhadap niat beli BEV dengan menggunakan metode Structural Equation Model dan Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fungsionalitas, teknologi, kesadaran lingkungan, dan emosi memiliki nilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap niat beli dengan T statistic lebih besar dari 1,96.Sedangkan variabel biaya memiliki nilai positif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai T statistik sebesar 1,746.Dengan ini mengetahui minat beli mobil listrik (BEV) di Indonesia yang cukup tinggi namun banyak hal yang tidak diketahui oleh masyarakat maka perusahaan distributor mobil listrik (BEV) di Indonesia dapat membuat program bersama pemerintah dengan word of mouth (WOM) yang beredar dimasyarakat harus diarahkan pada persepsi positif.
===============================================================================================================================
The interest of the citizens of the Republic of Indonesia in purchasing battery electric cars is above the ASEAN average. Sales of battery-based electriccars (BEV) in Indonesia from 2020 to 2022 will reach 876 units. Despite recording sales growth, the scope of this BEV is still very low when compared to oil-fueled cars. The percentage of BEVs sold was not even more than 0.5% in each of those years. To increase the purchasing power of electric cars that support environmental preservation, it is important to analyze the factors that influence the purchase intention of electric cars (BEV). The purpose of this study was to analyze the effect of functionality, cost, technology, emotions, and environmental awareness on BEV purchase intention. Based on these data, This type of research design is explanatory with a quantitative approach and obtained a total of 250 respondents aged 24-60 years who have known or used BEV and used purposive sampling. This study aims to influence functionality, cost, technology, emotions, and environmental awareness on BEV purchase intentions using The Structural Equation Model and Partial Least Square (SEM-PLS) methods. The results of this study indicate that the variables functionality, technology, environmental awareness, and emotions have a positive value and have a significant effect on purchase intention with a T statistic greater than 1.96. Meanwhile, the cost variable has a positive value but does not have a significant effect on purchase intention with a statistical T value of 1.746. By knowing the interest in buying electric cars (BEV) in Indonesia is high, but there are many things are not known by the public, electric car distributor companies (BEV) in Indonesia can create programs with the government with word of mouth (WOM) circulating in public on positive perceptions.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fungsionalitas, Biaya, Teknologi, Kesadaran Lingkungan, Purchase Intention, Mobil Listrik (BEV), SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.7 Business intelligence. Trade secrets
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Alvin Agung Bayuadi
Date Deposited: 12 Feb 2023 07:25
Last Modified: 12 Feb 2023 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97067

Actions (login required)

View Item View Item