Perancangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi “Ramah” Untuk Mengatasi Burnout Pada Caregiver Keluarga

'Ajizah, Rohmatul (2023) Perancangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi “Ramah” Untuk Mengatasi Burnout Pada Caregiver Keluarga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511840000016-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511840000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sejak 2020 Indonesia telah memasuki fase ageing population, diikuti dengan peningkatan rasio ketergantungan penduduk lansia terhadap penduduk usia produktif. Keluarga menanggung beban atas pengasuhan lansia ditambah lagi jika lansia memiliki keluhan kesehatan. Tanggung jawab pengasuh yang merawat pasien lanjut usia yang sakit sering kali membebani pengasuh secara fisik, psikologis, sosial, dan keuangan. Kami mencoba mengatasinya dengan berbagai intervensi, salah satunya intervensi dukungan psikososial. Intervensi ini mengambil bentuk yang berbeda tetapi dilakukan secara terpisah. Kelebihan informasi ini mempersulit pengasuh untuk mendapatkan bantuan yang tepat dengan informasi yang dapat dipercaya. Penggunaan telehealth dan telemedicine sangat diminati karena zaman berubah, dan diperlukan alat untuk mengelola pertukaran informasi yang cepat dengan mengutamakan kepribadian pengguna. Perlunya perancangan aplikasi intervensi berbasis teknologi dengan konsep dukungan psikososial yang mampu menghubungkan kebutuhan caregiver dengan intervensi fisik dan emosional yang tersedia serta mengutamakan kredibilitas informasi. Perancangan tersebut diimplementasikan dengan proses perancangan yang komprehensif dengan memanfaatkan Double Diamond Framework sebagai metodologi perancangan. Mereka adalah lima pengasuh keluarga lansia berusia 20-an dan 30-an tahun yang menderita penyakit kronis dan tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Hasil perancangan berupa prototipe desain antarmuka pengguna interaktif yang dapat diakses melalui platform figma. Kelayakan prototipe ini diuji dengan lima contoh pengguna, dua ahli desain UI/UX dan tiga ahli medis yang terdiri dari dokter geriatri, dokter klinis. psikolog dan ahli gerontologi. Hasil pengujian mengarah pada evaluasi metrik evaluasi heuristik dan System Usability Scale (SUS). Desain antarmuka pengguna ini banyak dipengaruhi oleh produk yang sudah ada dan kompetitor yang banyak digunakan untuk mengatasi kejenuhan masyarakat Indonesia. Dengan adanya perancangan ini diharapkan platform aplikasi “Ramah” dapat menjadi solusi bagi para pengasuh untuk mengatasi masalah kelelahan dan membantu mereka memenuhi tanggung jawab sebagai orang tua dengan baik.
===============================================================================================================================
Since 2020 Indonesia has entered the ageing population phase, followed by an increase in the ratio of dependence of the elderly population to the productive age population. The family bears the burden of caring for the elderly plus if the elderly have health complaints The responsibility assumed by a family caregiver who caregivers who care for elderly patients in sick conditions often results in caregiver burdens in the form of physical, psychological, social and financial stress. Various interventions are attempted to overcome it, one of which is psychosocial support interventions. These interventions have been made in various forms but separately. This backlog of information makes it harder for family caregivers to get the right help with credible information. The use of telehealth and telemedicine has a high demand with the times, and there is a need for tools that can manage the rapid distribution of information by prioritizing user personality. It requires the design of a technology-based intervention application with the concept of psychosocial support that can integrate the needs of family caregivers with existing physical and emotional interventions and prioritize the credibility of information. The design was carried out to an end-to-end design process using the Double Diamond Framework as a design methodology involving 5 elderly family caregivers with chronic diseases aged 20 to 30 years and domiciled in a big Indonesian city. The design results are in the form of interactive interface design prototypes accessed through the figma platform, this prototype was tested for feasibility to 5 user samples, 2 UI/UX design experts and 3 medical experts consisting of geriatric doctors, clinical psychologists, and gerontology nurses. The test results resulted in an assessment of the Heuristic Evaluation and System Usability Scale (SUS) metrics. This interface design is heavily influenced by excising products and competitors that are widely used to overcome burnout by the Indonesian people. Through this design, it is hoped that the "Ramah" application platform can be a solution for family caregivers to overcome burnout problems and help them in carrying out their parenting duties properly.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: caregiver keluarga, antarmuka dan pengalaman pengguna, caregiver burnout, dukungan psikososial, intervensi teknologi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rohmatul 'Ajizah
Date Deposited: 12 Feb 2023 09:47
Last Modified: 12 Feb 2023 09:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97069

Actions (login required)

View Item View Item