Model Perencanaan Transportasi Laut Jarak Pendek Antar Pulau: Studi Kasus Kabupaten Sumenep

Hidayat, Firanti Yulia (2023) Model Perencanaan Transportasi Laut Jarak Pendek Antar Pulau: Studi Kasus Kabupaten Sumenep. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411740000014_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411740000014_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Sumenep merupakan wilayah paling timur dari Pulau Madura dan merupakan gerbang utama untuk menuju wilayah kepulauan. Maka dari itu diperlukan konektivitas antar pulau dengan sarana angkutan laut. Maka dari itu Tugas Akhir ini Bertujuan untuk mendapatkan pola transportasi antar pulau di Sumenep dengan menggunakan pola jaringan transportasi untuk wilayah berbasis kepulauan. Metode yang digunakan dalam kasus ini adalah TSP (Travelling Salesman Problem) dengan mencari rute yang yang optimal untuk menekan biaya minimum perjalanan dengan syarat melewati semua titik tujuan. Dari hasil kapal eksisting yang ada saat ini di wilayah Kepulauan Sumenep, terpilih KM (Kapal Motor) Sabuk Nusantara 92 dengan kapasitas 450 Penumpang dan kapasitas barang 50 ton. Dari perhitungan hasil optimasi rute yang optimum beserta biaya minimum, yaitu, Surabaya - Tanjung Wangi - Kalianget - Sepudi - Raas - Kangean - Sapeken - Pagerungan - Keramaian - Masalembu dnegan total jarak 627,71 Nm, dengan total biaya yang dikeluarkan pelayaran per-voyage-nya adalah sebesar Rp 100.716.383,17. ===============================================================================================================================
Sumenep Regency is the easternmost region of Madura Island and is the main gateway to the archipelago. Therefore, inter-island connectivity is needed by means of sea transportation. This Final Project aims to obtain inter-island transportation patterns in Sumenep by using transportation network patterns for island-based areas. The method used in this case is the TSP (Travelling Salesmen Problem) by finding the optimal route to reduce the minimum cost of travel provided that it passes through all destination points. From the results of existing ships currently in the Sumenep Archipelago area, KM (Motor Boat) SabukNusantara 92 was selected with a capacity of 450 passengers and a capacity of 50 tons of goods. From the calculation of the optimal route optimization results along with the minimum cost, namely Surabaya - Tanjung Wangi - Kalinget - Sepudi - Raas - Kangean - Sapeken - Pagerungan - Masalembu with a total distance of 627,71 Nm, with the total cost incurred voyage shipping is Rp 100,716,383.17.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Travelling Salesmen Problem, Biaya Optimum, Optimum Cost
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Firanti Yulia Hidayat
Date Deposited: 12 Feb 2023 10:06
Last Modified: 20 Feb 2023 09:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97080

Actions (login required)

View Item View Item