Studi Numerik Pengaruh Sistem Ventilasi Terhadap Pola Penyebaran Partikel SARS-CoV-2 Dalam Ruang Kelas

Aritonang, Parulian Ferdinand Hasudungan (2023) Studi Numerik Pengaruh Sistem Ventilasi Terhadap Pola Penyebaran Partikel SARS-CoV-2 Dalam Ruang Kelas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000041-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111840000041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan beberapa perubahan besar dalam dunia Pendidikan dimana sebagian besar kegiatan pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring) untuk mencegah penyebaran infeksi COVID-19. Namun di Indonesia sekarang ini, mulai menjalani masa transisi dari kegiatan pembelajaran secara online menjadi offline. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran di ruang kelas dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan SARS-CoV-2, diperlukan perancangan ruang kelas yang aman dan nyaman di kala pandemi COVID-19. Sistem ventilasi dalam ruangan sangat terkait dengan risiko infeksi pernapasan dan berperan penting dalam menghilangkan patogen dari aliran udara untuk pernapasan, secara signifikan mengurangi penyebaran partikel virus pada udara dalam ruangan. Dalam penelitian ini, untuk memperoleh skenario sistem ventilasi di ruang kelas dengan pola penyebaran SARS-CoV-2 yang rendah, dilakukan studi numerik pola penyebaran partikel SARS-CoV-2 dalam ruang kelas dengan variasi sistem ventilasi. Penelitian ini dilakukan dengan pemodelan numerik pada ruang kelas C115 Departemen Teknik Mesin FT-IRS ITS dengan konfigurasi Air Conditioner (AC) yang berbeda. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi numerik enam skema sistem ventilasi dengan variasi kondisi operasi AC. Simulasi numerik ini menggunakan solver tiga dimensi (3D) unsteady flow dengan model turbulensi k-ε RNG (Renormalization Group). Hasil dari penelitian adalah skema terbaik untuk mencegah penyebaran virus dalam ruang kelas adalah skema empat dengan variasi kecepatan AC tinggi. Pada skema empat, sistem ventilasi berupa dua jendela (jendela satu dan dua) dikondisikan terbuka sedangkan pintu dan satu jendela (jendela satu) dikondisikan tertutup. Hal ini dibuktikan dengan hanya lima mahasiswa yang terpapar partikel virus dimana jumlah ini yang paling sedikit dibandingkan dengan skema lainnya
====================================================================================================================================
The COVID-19 pandemic has caused several major changes in the world of education where most learning activities are carried out online to prevent the spread of COVID-19 infection. However, in Indonesia right now, they are starting to undergo a transition period from online to offline learning activities. To support learning activities in the classroom in order to increase awareness of the transmission of SARS-CoV-2, it is necessary to design safe and comfortable classrooms during the COVID-19 pandemic. Indoor ventilation systems are strongly associated with the risk of respiratory infections and play an important role in removing pathogens from the air stream for respiration, significantly reducing the spread of viral particles in indoor air. In this study, to obtain scenarios of ventilation systems in classrooms with low patterns of SARS-CoV-2 transmission, a numerical study of patterns of distribution of SARS-CoV-2 particles was carried out in classrooms with various ventilation systems. This research was conducted by numerical modeling in class C115 Mechanical Engineering Department FT-IRS ITS with different Air Conditioner (AC) configurations. In this study, numerical simulations of six ventilation system schemes were carried out with variations in air conditioning operating conditions. This numerical simulation uses a three-dimensional (3D) unsteady flow solver with the k-ε RNG (Renormalization Group) turbulence model. The result of the research is that the best scheme to prevent the spread of the virus in the classroom is the four schemes with high AC speed variations. In scheme four, the ventilation system in the form of two windows (windows one and two) is conditioned to be open while the door and one window (window one) are conditioned to be closed. This is evidenced by only five students who were exposed to virus particles, which is the least amount compared to other schemes

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Ventilation System, Classroom COVID-19, Sistem Ventilasi, Ruang kelas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Parulian Ferdinand Hasudungan Aritonang
Date Deposited: 13 Feb 2023 00:45
Last Modified: 13 Feb 2023 00:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97115

Actions (login required)

View Item View Item