Re-Desain Interior Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Surabaya Dengan Konsep Modern Interactive Melalui Efisiensi Pada Sirkulasi Ruangan

Fadillah, Widya Rizki (2023) Re-Desain Interior Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Surabaya Dengan Konsep Modern Interactive Melalui Efisiensi Pada Sirkulasi Ruangan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411840000027-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08411840000027-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (30MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang wajib yang harus diikuti oleh setiap orang. Dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini muncul Sekolah Islam Terpadu (SIT), karena dipercaya Sekolah Islam Terpadu merupakan langkah besar dalam mewujudkan model sekolah yang mampu memadukan ilmu umum dan ilmu Islam dalam satu kesatuan dalam pembelajaraan sehingga diharapkan melalui sekolah ini terlahir para peserta didik yang berkualitas baik secara akademik maupun mental spiritualnya. Pendidikan adalah salah satu bentuk interaksi manusia dan sebagai tindakan sosial. Usaha dari SIT ini yakni membentuk kesalehan pribadi sekaligus sosial sehingga dapat membentuk ukhwah yang baik dalam lembaga Pendidikan maupun lingkungan masyarakat. Tentu penerapan dalam pengajaran ini tidaklah mudah tanpa metode mendidik dan sistem pembelajaran yang baik dan mudah diterima oleh peserta didik. Fasilitas sekolah adalah salah satu faktor terbesar dalam menghasilkan sistem pembelajaran yang berkualitas. Sistem pengajaran kooperatif atau biasa disebut dengan belajar dalam kelompok adalah model pembelajaran dalam sebuah kelompok kecil siswa yang bekerjasama dan belajar bersama dengan saling membantu secara interaktif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. menghasilkan benih-benih generasi penerus yang dapat bepikir kritis, berkomunikasi dengan baik, memunculkan tanggung jawab terhadap kelompok dan keterampilan interpersonal dari setiap kelompok. Setelah riset yang dilalui peneliti, peneliti menarik kesimpulan bahwa saat ini pembelajaran kooperatif. Dengan mengusung konsep Modern Interactive, dapat menambah dan mendukung pembelajaran siswa menjadi lebih menyenangkan. Konsep “Interactive” sendiri dapat mempengaruhi anak untuk beredukasi dan berkomunikasi dengan baik di dalam maupun di luar kelas. Dengan harapan siswa dapat menerima informasi lebih mudah dan menyenangkan dengan fokus pada sistem pembelajaran kooperatif. Efisiensi pada ruangan pun merupakan gagasan dalam penyelesaian masalah ketika sistem pembelajaran kooperatif dilaksanakan
===================================================================================================================================
Elementary school (SD) is a mandatory level that must be followed by everyone. Recently, the Integrated Islamic School (SIT) has appeared in the world of education, because it is believed that the Integrated Islamic School is a big step in realizing a school model that is able to combine general knowledge and Islamic sciences in one unit in learning so that it is hoped that through this school students will be born who are qualified both academically and mentally spiritually. Education is a form of human interaction and as a social act. The effort of SIT is to form personal and social piety so that it can form a good brotherhood in educational institutions and the community environment. Of course the application in teaching is not easy without educational methods and learning systems that are good and easily accepted by students. School facilities are one of the biggest factors in producing a quality learning system. Cooperative teaching system or commonly referred to as learning in groups is a learning model in a small group of students who work together and learn together by helping each other interactively to achieve the formulated learning objectives. produce the seeds of the next generation who can think critically, communicate well, raise responsibility towards groups and interpersonal skills from each group. After the research that the researcher has gone through, the researcher draws the conclusion that currently learning is cooperative. By carrying out the Modern Interactive concept, it can add to and support student learning to be more enjoyable. The concept of "Interactive" itself can influence children to educate and communicate well both inside and outside the classroom. With the hope that students can receive information more easily and pleasantly by focusing on cooperative learning systems. Efficiency in the room is also an idea in solving problems when cooperative learning systems are implemented

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modern Interactive, Efisiensi Sirkulasi Ruangan, Sekolah Dasar, Pembelajaran Kooperatif Modern Interactive, Room Circulation Efficiency, Elementary School, Cooperative Learning
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Widya Rizki Fadillah
Date Deposited: 14 Feb 2023 09:11
Last Modified: 14 Feb 2023 09:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97166

Actions (login required)

View Item View Item