Model Simulasi Dinamika Sistem Kepadatan Alur Pelayaran: Studi Kasus Alur Pelayaran Barat Surabaya

Yustika, Judith (2023) Model Simulasi Dinamika Sistem Kepadatan Alur Pelayaran: Studi Kasus Alur Pelayaran Barat Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411840000020_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411840000020_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai Pelabuhan utama, Pelabuhan Tanjung Perak dan sekitarnya mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis, yaitu sebagai penunjang untuk memperlancar arus lalu lintas transportasi angkatan laut dan sebagai penggerak dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur pada khususnya dan Kawasan Timur Indonesia (KTI) pada umumnya. Tingginya arus kapal di Alur Pelayaran Barat Surabaya berdampak pada kepadatan di alur dapat mengancam keselamatan navigasi kapal apabila tidak segera di atasi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menentukan kapan Alur Pelayaran Barat Surabaya dikatakan padat dan menentukan kapasitas maksimum yang dapat ditampung oleh alur pelayaran barat Surabaya. Metode simulasi dinamika sistem dengan bantuan perangkat lunak Powersim digunakan untuk menentukan kapasitas alur dengan memperhatikan kecepatan kapal, spesifikasi kapal, dan jarak aman minimum antar kapal untuk menjamin keamanan dan keselamatan aktivitas pelayaran. Hasil penelitian didapatkan kapasitas alur yang direkomendasikan 92 unit/hari atau sama dengan 33.580 unit/tahun. Besaran kapasitas tersebut mampu menampung hingga tahun 2038 sebelum alur pelayaran barat dikatakan overload. Kapasitas APBS disimulasikan untuk berbagai kecepatan kapal. Pada kecepatan 4 knot kapasitas alur diperkirakan masih dikatakan aman hingga jumlah kapal sebanyak 60 unit. Setelah melebihi 60-unit maka kecepatan akan diturunkan hingga menjadi 2 knot, dengan kecepatan tersbeut kapasitas alur ditentukan dengan saat kapal kecepatan kapal tersebut mengalami penurunan lagi hingga pada akhirnya grafik mencapai nilai 0
======================================================================================================================================
As the main port, Tanjung Perak Port and its surroundings have a very strategic role and function, to support to unleash the flow of maritime transportation traffic and as a driving force in increasing economic growth in East Java and Eastern Indonesia (KTI) in general. The high flow of ships in the West Surabaya Shipping Channel has an impact on density in the channel which can threaten the safety of ship navigation if it is not resolved immediately. This final project aims to determine when the Surabaya West Shipping Channel is congested and determine the maximum capacity that can be accommodated by the Surabaya West Shipping Channel. The system dynamics simulation method with the help of Powersim software is used to determine channel capacity by considering ship speed, ship specifications, and minimum safe distance between ships to ensure the security and safety of shipping activities. The results showed that the recommended channel capacity was 92 units/day or equal to 33,580 units/year. This capacity can accommodate up to 2038 before the western shipping lane is said to be overloaded. APBS capacity is simulated for various ship speeds. At a speed of 4 knots, the channel capacity is estimated to be safe, up to 60 ships. After exceeding 60 units, the speed will be reduced to 2 knots, with this speed the channel capacity is determined when the ship's speed decreases again until the graph finally reaches 0

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dinamika Sistem, Kapasitas Alur, Pemodelan Alur Pelayaran, Capacity, System Dynamic, Shipping Channel
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.6 Transportation problems (Programming)
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Judith Yustika
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:26
Last Modified: 14 Feb 2023 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97171

Actions (login required)

View Item View Item