Analisis Pengaruh Besar Arus, Jumlah Lilitan dan Jumlah Pole Terhadap Gaya Pengereman Electromagnetic Brake

Nugroho, Sunu Dwi (2023) Analisis Pengaruh Besar Arus, Jumlah Lilitan dan Jumlah Pole Terhadap Gaya Pengereman Electromagnetic Brake. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000109-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111840000109-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu komponen terpenting pada kendaraan adalah rem. Rem adalah sistem yang menghasilkan gaya untuk menghalangi kendaraan terus melaju. Rem konvensional menggunakan gaya gesek untuk menghentikan laju kendaraan, dengan metode ini sering terjadi fenomena brake fading, dimana rem akan berkurang fungsinya. Untuk menanggulangi brake fading karena adanya peningkatan suhu, menggunakan rem magnetik. Rem magnetik adalah suatu rem yang mampu memenuhi fungsi rem tanpa adanya kontak fisik antara rotor dan stator. Rem magnetik dapat memperlambat suatu gerakan karena adanya arus Eddy. Rem elektromagnetik memiliki cara kerja dengan sebuah rotor berbahan logam non-ferromagnetik yang terpasang pada sebuah poros yang berputar. Rotor tersebut diapit oleh stator berupa magnet permanen atau lilitan elektromagnetik yang dapat menimbulkan medan magnet dari magnet permanen atau aliran listrik. Pada rotor yang memotong medan magnet tersebut akan menimbulkan arus Eddy pada rotor itu sendiri. Arus Eddy ini akan menimbulkan medan magnet yang arahnya berlawanan dengan medan magnet sebelumnya, sehingga akan menimbulkan gaya hambatan putar pada poros tersebut
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui torsi maksimal yang mampu dikeluarkan pada rem elektromagnetik dengan diameter rem yang terbatas dan mengetahui pengaruh dari setiap variasi penelitian terhadap kemampuan pengereman rem elektromagnet. Desain dan simulasi desain dilakukan dengan menggunakan software Ansys Electronic Maxwell 3D 19R3. Simulasi dilakukan dengan tiga variasi, yaitu variasi besar arus, jumlah kutub, dan jumlah kumparan. Variasi besar arus dilakukan dengan rentang 5A, 10A dan 15A, sedangkan untuk jumlah lilitan sebesar 120, 240 dan 360 dan jumlah pole yang aktif sebanyak 2, 3 dan 4.
Penelitian ini dilakukan dengan simulasi dan eksperimen. Diamana hasil eksperimen terdapat error sebesar 1,1%-7,59% dibandingkan dengan hasil simulasi. Torsi maksimal yang dapat dihasilkan dari rem elektromagnetik sebesar 29,68 Nm dan critical speed tertinggi pada rpm 800 terdapat pada 15A, 360 lilitan dan 4 pole
================================================================================================================================
One of the most important components of a vehicle is the brakes. Brakes are a system that generates a force to prevent the vehicle from moving forward. Conventional brakes use frictional force to stop the vehicle, with this method the phenomenon of brake fading often occurs, where the brake function will decrease. To overcome brake fading due to increased temperature, use magnetic brakes. Magnetic brake is a brake capable of fulfilling the brake function without any physical contact between the rotor and the stator. Magnetic brakes can slow down a movement due to the presence of eddy currents. Electromagnetic brake works by means of a rotor made of non-ferromagnetic metal attached to a rotating shaft. The rotor is flanked by a stator in the form of a permanent magnet or electromagnetic coil which can generate a magnetic field from a permanent magnet or electric current. The rotor that cuts the magnetic field will cause eddy currents in the rotor itself. These eddy currents will create a magnetic field in the opposite direction to the previous magnetic field, so that it will cause a rotating resistance force on the shaft
This study aims to determine the maximum torque that can be released on electromagnetic brakes with a limited brake diameter and to determine the effect of each research variation on the braking ability of electromagnetic brakes. Design and design simulations were carried out using Ansys Electronic Maxwell 3D 19R3 software. The simulation is carried out with three variations, namely variations in the amount of current, the number of poles, and the number of coils. Variation of the magnitude of the current is carried out with a range of 5A, 10A and 15A, while the number of turns is 120, 240 and 360 and the number of active poles is 2, 3 and 4.
This research was conducted by simulation and experiment. Where the experimental results have an error of 1.1% -7.59% compared to the simulation results. The maximum torque that can be generated from the electromagnetic brake is 29.68 Nm and the highest critical speed at 800 rpm is at 15A, 360 turns and 4 pole

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Besar Arus, lilitan, torsi pengereman, rem elektromagnetik, Amount of current, number of coils, number of poles, brake torque, elektromagnetic brake
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sunu Dwi Nugroho
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:20
Last Modified: 14 Feb 2023 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97254

Actions (login required)

View Item View Item