Framework Implementasi Lean Construction Pada Proyek Skala Besar Di Indonesia Dengan Pendekatan Interpretive Structural Modelling (ISM)

Irfandi, Ian Isman (2023) Framework Implementasi Lean Construction Pada Proyek Skala Besar Di Indonesia Dengan Pendekatan Interpretive Structural Modelling (ISM). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012202008-Master_Thesis .pdf] Text
6012202008-Master_Thesis .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proyek dengan skala besar memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi karena saling berhubungan dengan beberapa fungsi dan organisasi, saat ini banyak proyek besar mempunyai performa yang kurang dalam hal manajemen kualitas yang berakibat pada produktivitas dan kualitas pekerjaan. Hal ini sejalan juga dengan proyek di Indonesia bahwa bidang konstruksi di Indonesia banyak mengalami ketidakefisienan dalam hal produktivitas alat konstruksi. Waste pada bidang konstruksi di Indonesia terbilang cukup besar yaitu sebesar 57% jika dibandingkan dengan industri manufaktur yang memiliki waste sebesar 26%. Salah satu prinsip yang dapat diadopsi dari industri manufaktur adalah konsep lean production dengan tujuan untuk menurukan waste namun proses adopsi ini tidak dapat dilakukan tanpa mengetahui faktor pendukung dan penghalang dan tahapan dalam implementasinya proses lean. Penelitian ini bertujuan membuat model framework implementasi lean construction pada proyek besar di Indonesia dengan pendekatan ISM untuk mendapatkan interpretasi hubungan antar faktor dan hirarki faktor. Tahap pertama adalah mengidentifikasi faktor yang mendukung dan faktor penghalang dalam implementasi konsep lean construction pada proyek skala besar di Indonesia. Identifikasi faktor dilakukan dengan pengumpulan faktor dalam penelitian terdahulu dan penyebaran kuesioner terhadap praktisi yang terlibat dalam dunia konstruksi. Selanjutnya faktor yang dianalisa dengan menggunakan metode MICMAC untuk mengetahui kekuatan faktor yang mempengaruhi faktor lainnya. Pada pemodelan pada penelitian ini didapatkan faktor pendukung untuk implementasi lean construction sebanyak 19 faktor sedangkan untuk factor penghalang sebanyak 14 faktor. Dari faktor yang telah disintesis dilakukan penyebaran kuesioner pada responden yang pernah terlibat pada konstruksi proyek besar di Indonesia dengan pendekatan ISM yang dimulai dengan tahapan pertama membentuk matriks SSIM, kemudian dilanjutkan dengan reachability matrix dan analisis MICMAC untuk mengetahui hubungan antar faktor dan hirarki tingkatan masing-masing factor. Faktor penghalang fundamental adalah komitmen manajemen dan manajemen leadership sedangkan untuk faktor pendukung fundamental implementasi konsep lean construction pada proyek skala besar di Indonesia adalah skill dan pengalaman karyawan dan pelatihan pengetahuan karyawan, hal ini juga sesuai dengan analisis MICMAC yang menempatkan faktor komitmen manajemen dan manajemen leadership pada klaster driving dan faktor skill dan pengalaman karyawan serta pelatihan pengetahuan karyawan pada klaster linkage yang memiliki kesamaan driving power yang besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Faktor implementasi, Interpretive Structural Modelling, Lean Construction, Implementation factors
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: IAN ISMAN IRFANDI
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:00
Last Modified: 16 Feb 2023 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97338

Actions (login required)

View Item View Item