Studi Numerik Karakteristik Aliran Udara Unsteady Pada Minibus Dan Implikasinya Pada Penyebaran Virus COVID-19

Purwaka, Javier Syahdan (2023) Studi Numerik Karakteristik Aliran Udara Unsteady Pada Minibus Dan Implikasinya Pada Penyebaran Virus COVID-19. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000192-Undergraduate_Thesis for S1 program.pdf] Text
02111840000192-Undergraduate_Thesis for S1 program.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2022 ini pandemi COVID-19 masih menjadi masalah bagi semua orang. Virus COVID-19, yang dapat menyebar melalui aerosol atau tetesan yang dipancarkan ketika orang berbicara dan bernapas. Untuk memerangi kasus COVID-19 ini, dunia dengan cepat mensosialisasikan rutinitas kesehatan, yang digunakan baik secara individu maupun kolektif. Penyesuaian dilakukan, terutama di tempat-tempat umum yang banyak mobilitas dan sirkulasi manusianya, sehingga meningkatkan potensi penyebaran virus COVID-19. Oleh sebab itu, guna mencegah penularan COVID-19 protokol kesehatan yang ketat wajib diterapkan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan membatasi interaksi sosial. Salah satu interaksi sosial yang sering terjadi adalah di saat sekelompok orang berada di dalam ruangan mobil, dimana terdapat skenario dimana terdapat dua orang atau lebih yang berada di dalam satu kabin, terutama pada kendaraan umum dan mobil dengan kapasitas passenger yang besar. Berdasarkan kasus tersebut, maka pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis karakteristik aliran udara di dalam kabin mobil, dimana diambil studi kasus untuk mobil minibus untuk mengetahui posisi tempat duduk yang paling optimal guna merespon kebutuhan dalam meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Tugas akhir ini menggunakan perangkat lunak ANSYS FLUENT untuk melakukan simulasi pada kabin pada minibus dimana diambil minibus ELF. Pemodelan simulasi pada penelitian ini yaitu ELF dengan divariasikan beberapa mode berkendara yaitu berkendara dengan AC mobil menyala dengan lima belas konfigurasi kapasitas AC depan dan belakang yang berbeda. Kemudian, hasil simulasi numerik akan di validasi melalui eksperimen dengan membandingkan nilai tekanan udara pada titik tertentu antara simulasi dan eksperimen. Dimana untuk validasi digunakan nilai dari salah satu variasi yaitu seluruh jendela terbuka. Hasil simulasi diamati berdasarkan distribusi kecepatan, distribusi tekanan, arah aliran, pelacakan partikel dalam minibuss tipe ELF. Variasi konfigurasi dengan jumlah penularan partikel paling banyak yaitu pada variasi ke-4 dengan kecepatan inlet AC depan 2,5 m/s, inlet AC belakang 1,3 m/s dan sumber injeksi pada penumpang bangku 7. Sedangkan variasi konfigurasi dengan jumlah penularan partikel paling sedikit yaitu pada variasi ke-2 dengan kecepatan inlet AC depan 1,66 m/s, inlet AC belakang 1,5 m/s dan sumber injeksi pada penumpang bangku 1 dan variasi ke-3 dengan kecepatan inlet AC depan 1,66 m/s, inlet AC belakang 1,7 m/s dan sumber injeksi pada penumpang bangku 1 dan bangku 12.
================================================================================================================================
In 2022, the COVID-19 pandemic is still a problem for everyone. The COVID-19 virus, which can spread through aerosols or droplets emitted when people talk and breathe. To combat this case of COVID-19, the world is rapidly socializing health routines, which are used both individually and collectively. Adjustments are made, especially in public places where there is a lot of human mobility and circulation, thereby increasing the potential for the spread of the COVID-19 virus. Therefore, in order to prevent the transmission of COVID-19, strict health protocols must be implemented, such as wearing masks, maintaining distance, washing hands, and limiting social interaction. One of the social interactions that often occurs is when a group of people are in a car room, where there are scenarios where there are two or more people in one cabin, especially on public transportation and cars with a large passenger capacity. Based on this case, in this final project an analysis of the characteristics of airflow inside the car cabin will be carried out, where a case study is taken for a minibus car to find out the most optimal seating position to respond to the need to minimize the spread of the COVID-19 virus. This final project uses ANSYS FLUENT software to simulate the cabins of minibuses where ELF minibuses are taken. The simulation modeling in this study is ELF with various driving modes, namely driving with the car's air conditioner on with fifteen different front and rear AC capacity configurations. Then, the numerical simulation results will be validated through experiments by comparing the air pressure values at certain points between the simulation and experiment. Where for validation the value of one of the variations is used, namely all open windows. The simulation results are observed based on the speed distribution, pressure distribution, flow direction, particle tracking in the minibus ELF. Configuration variations with the highest number of particle transmission are in the 4th variation with a front AC inlet speed of 2.5 m/s, rear AC inlet 1.3 m/s and the source of passenger injection on seat 7. Meanwhile, configuration variations with the number of particle transmission at least in the 2nd variation with a front AC inlet speed of 1.66 m/s, rear AC inlet of 1.5 m/s and the source of passenger injection on seat 1 and the 3rd variation with a front AC inlet speed of 1.66 m /s, rear AC inlet 1.7 m/s and passenger injection source on seat 1 and seat 12.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Aliran Udara, Analisa Numerik, Minibus ELF, Kecepatan, AC Inlet Depan, AC Inlet Belakang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Javier Syahdan Purwaka
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:22
Last Modified: 16 Feb 2023 08:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97379

Actions (login required)

View Item View Item