Sistem Kontrol Temperatur dan Kelembapan Pada Kandang Katak Dengan Metode Fuzzy Logic

Ramadhan, Farrell Ardhani (2023) Sistem Kontrol Temperatur dan Kelembapan Pada Kandang Katak Dengan Metode Fuzzy Logic. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311810003029-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10311810003029-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

UMKM Autoviva adalah UMKM yang bergerak dibidang reptil.dan berlokasi di Surabaya UMKM ini menyediakan berbagai macam reptil beserta kandangnya. Banyaknya peminat reptil di Surabaya membuat UMKM ini banyak dicari oleh para pencinta reptil terutama katak. Kandang katak yang ada belum menggunakan sistem kontrol pada kandang tersebut dan para pecinta katak harus mengawasi kandangnya secara terjadwal. Banyaknya para pecinta katak yang mengeluh akibat kataknya terjadi perubahan sifat dan tidak mau makan,maka diperlukanlah alat ini untuk menjawab permasalahan itu. Untuk percobaan yang dilakukan menggunakan katak dumpy white tree frog. Katak ini memiliki suhu dan kelembapan ideal pada suhu 24-29oC dan kelembapan 60-65%. Pada kandang katak ini akan menggunakan metode logika fuzzy mamdani untuk mempermudah sistem kontrol pada kandang katak ini. Parameter yang digunakan untuk suhu dan kelembapan ideal di kandang katak ini yaitu 24-29oC dan 60-65% untuk kelembapanya. Sensor DHT22 berguna untuk mengetauhi suhu dan kelembapan pada kandang katak. Untuk murunkan suhu dan menaikan kelembapan menggunakan air yang akan disemprot oleh pompa dan Elemen pemanas untuk menaikan suhu dan menurunkan kelembapan. Pada pengujian yang sudah dilakukan, telah dilakukan pengujian pada titik tertentu pada kandang katak,dan didapatkan bahwa suhu rata rata kandang katak dan sensor masih berada dalam parameter. Pengujian performa dimulai dari suhu berada di titik 33,4oC dan kelembapan pada 45,1% kandang katak ini membutuhkan waktu 60 menit untuk mencapai suhu dan kelembapan yang diinginkan.
================================================================================================================================
UMKM Autoviva is an UMKM engaged in reptiles. Located in Surabaya, this MSME provides various kinds of reptiles and their cages. The large number of reptile enthusiasts in Surabaya makes this MSME much sought after by reptile lovers, especially frogs. The existing frog cages have not used a kontrol system in the cage and frog lovers must monitor their cages on a scheduled basis. There are many frog lovers who complain that the frog's behavior changes and does not want to eat, so this tool is needed to answer that problem. For the experiment, the dumpy white tree frog was used. This frog has an ideal temperatur and humidity of 24-29 degrees Celsius and a humidity of 60-65%. In this frog cage, the Mamdani fuzzy logic method will be used to simplify the kontrol system in this frog cage. The parameters used for the ideal temperatur and humidity in this frog cage are 24-29 degrees Celsius and 60-65% for humidity. The DHT22 sensor is useful for knowing the temperatur and humidity in the frog cage. To lower the temperatur and increase the humidity using water that will be sprayed by the pump and lights to raise the temperatur and lower the humidity. In the tests that have been carried out, tests have been carried out at certain points in the frog cage, and it was found that the average temperature of the frog cage and the sensor is still within the parameters. Performance testing starts from the temperature at 33.4 degrees Celsius and humidity at 45.1%, this frog cage takes 60 minutes to reach the desired temperature and humidity.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: DHT22, Katak, Logika Fuzzy, Temperatur dan Kelembapan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Farrell Ardhani Ramadhan
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:13
Last Modified: 17 Feb 2023 08:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97515

Actions (login required)

View Item View Item