Analisis Efek Sloshing Dengan Dan Tanpa Baffle Pada Kondisi Berbelok Dengan Metode Computational Fluid Dynamic

Shalhan, Raedi (2023) Analisis Efek Sloshing Dengan Dan Tanpa Baffle Pada Kondisi Berbelok Dengan Metode Computational Fluid Dynamic. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000154-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111840000154-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bensin sebagai bahan bakar utama kendaraan bermotor terbukti meningkatkan konsumsi penggunaan bensin di Indonesia dimana penggunaan bensin meningkat setiap tahunnya dimana pada tahun 2019 penggunaan bensin di Indonesia sekitar 35,37 miliar liter sehingga diperlukannya distribusi merata ke seluruh Indoensia salah satunya dnegan menggunakan truk tangki. Truk tangki yang mengangkut bensin atau liquid dengan jenis lainnya rawan untuk mengalami kecelakaan rollover. Penyebab dari kecelakaan rollover yang terjadi pada truk tangki dengan muatan liquid sendiri yaitu disebabkan oleh adanya sloshing yang terjadi di dalam tangki. Sloshing merupakan gerakan free surface cairan yang menghantam dinding pembatas pada tangki akibat volume cairan yang tidak penuh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis gaya dan momen sloshing yang terjadi pada tangki dan melakukan analisis stabilitas pada kendaraan antara kendaraan dengan muatan liquid dan rigid dengan melakukan analisis skid dan guling yang terjadi pada kendaraan. Desain tangki yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain tangki dengan tanpa baffle dan desain tangki dengan baffle dengan variasi ketinggian pada setiap baffle yang dimodelkan. Dilakukan simulasi motion study untuk mendapatkan percepatan pada kendaraan yang kemudian dijadikan input pada simulasi flow simulation untuk mendapatkan hasi dari gaya dan momen sloshing pada tangki. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa berdasarkan analisis gaya dan momen sloshing didapatkan bahwa baffle jenis pertama paling optimum dalam menahan gaya lateral dan momen pithcing, baffle ketiga paling optimum dalam menahan gaya longitudinal, dan baffle keempat paling optimum dalam menahan momen rolling. Pada analisis stabilitas kendaraan muatan liquid dan rigid didapatkan dengan batas rolling dan skid sebesar 90056 kendaraan muatan liquid mengalami skid dan guling, sedangkan untuk kendaraan muatan rigid hanya mengalami guling tidak mengalami skid dengan perbedaan pada analisis guling kendaraan muatan liquid lebih cepat mengalami guling dibandingkan dengan kendaraan muatan rigid
====================================================================================================================================
The use of gasoline as the main fuel for motor vehicles is proven to increase the consumption of gasoline use in Indonesia where the use of gasoline increases every year where in 2019 the use of gasoline in Indonesia is around 35.37 billion liters so that it needs even distribution throughout Indonesia, one of which is by using tank trucks. Tank trucks that transport gasoline or liquid with other types are prone to experiencing rollover accidents. The cause of rollover accidents that occur in tank trucks with their own liquid cargo is caused by sloshing that occurs in the tank. Sloshing is the movement of the free surface of the liquid that hits the barrier wall of the tank due to the volume of liquid that is not full. This study was conducted with the aim to analyze the force and moment of sloshing that occurs in the tank and analyze the stability of the vehicle between the vehicle with liquid and rigid loads by analyzing the skid and roll that occurs in the vehicle. Tank design used in this study using a tank design with no baffles and tank design with baffles with variations in height on each baffle modeled. Motion study simulation is done to get the acceleration of the vehicle which is then used as input in the flow simulation simulation to get the results of the force and moment of sloshing on the tank. Based on the results of research shows that based on the analysis of force and sloshing moment obtained that the first type of baffle is most optimal in resisting lateral force and pithcing moment, the third baffle is most optimal in resisting longitudinal force, and the fourth baffle is most optimal in resisting rolling moment. In the stability analysis of liquid and rigid cargo vehicles obtained by rolling and skid limit of 90056 liquid cargo vehicles skid and roll, while for rigid cargo vehicles only roll does not skid with differences in the analysis of liquid cargo vehicles roll faster than rigid cargo vehicles.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sloshing, Baffle, Stablitas Kendaraan, Sloshing, Baffle, Vehicle Stability
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raedi Shalhan
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:53
Last Modified: 20 Feb 2023 01:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97594

Actions (login required)

View Item View Item