Pemodelan Numerik Arus Dan Gelombang Untuk Menentukan Lokasi Akuakultur Di Teluk Tambakan Malang

Agustiara, Adinda Mega (2023) Pemodelan Numerik Arus Dan Gelombang Untuk Menentukan Lokasi Akuakultur Di Teluk Tambakan Malang. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311640000062-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311640000062-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until April 2025.

Download (5MB)

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa timur yang memiliki banyak pantai dengan total panjang garis pantai 77 Km (Hermawan, 2006), sehingga tidak sedikit warganya yang memanfaatkan sektor perikanan laut sebagai mata pencaharian. Salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Malang yang berpotensi untuk dijadikan tempat budidaya perikanan air laut adalah Teluk Tambakan di Desa Sidoasri. Karena berbentuk teluk, kawasan ini cenderung memiliki perairan yang tenang dan cocok untuk budidaya perikanan. Dengan adanya potensi tersebut, maka pada tugas akhir ini akan dilakukan pemodelan arus dan gelombang untuk menentukan lokasi akuakultur yang tepat. Pemodelan arus dan gelombang dilakukan secara numerik menggunakan software Delft3d. Hasil pemodelan dioverlay untuk mengetahui titik yang paling tepat. Hasil analisa di daerah studi menunjukkan tinggi gelombang memiliki rentang 0,1m hingga 3.12m. Kecepatan arus maksimum dan minimum pada pasang tertinggi adalah 0.8 m/det dan 0.2 m/det sementara kecepatan maksimum dan minimum pada pasang terendah adalah 0.8 m/det dan 0.2 m/det.========================================================================================================================
Malang Regency is one of the areas located in East Java which has many beaches with a total length of 77 Km coastline (Hermawan, 2006), so that not a few of its citizens use the marine fisheries sector as a livelihood. One of the coastal areas in Malang Regency which has the potential to become a place for aquaculture in the sea water is Tambakan Bay in Sidoasri Village. Because it is in the form of a bay, this area tends to have calm waters and is suitable for aquaculture. Given this potential, this final project will do modeling of currents and waves to determine the exact location of aquaculture. Current and wave modeling is done numerically using Delft3d software. Modeling results are overlapped to find the most appropriate point. The results of the analysis in the study area show the wave height has a range of 0.1m to 3.12m. The maximum and minimum current speeds at the highest tide are 0.8 m / sec and 0.2 m / sec while the maximum and minimum speed at the lowest tide are 0.8 m / sec and 0.2 m / sec.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QB Astronomy > QB415.2 Tides.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering
Depositing User: Adinda Mega Agustiara
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:00
Last Modified: 20 Feb 2023 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97595

Actions (login required)

View Item View Item