Efektivitas Penerapan Work From Home Terhadap Penyelesaian Proyek Berbasis Scrum

Tricitanya, Mega (2023) Efektivitas Penerapan Work From Home Terhadap Penyelesaian Proyek Berbasis Scrum. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of MEGA TRICITANYA_6032202216_Efektivitas V3.pdf] Text
MEGA TRICITANYA_6032202216_Efektivitas V3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode scrum merupakan kerangka kerja yang muncul pada sekitar awal tahun 2000-an dan sedang populer digunakan oleh perusahaan ataupun organisasi, terutama di proyek yang berbasis pengembangan perangkat lunak, karena tingkat kesuksesannya yang tinggi dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional.
Cara kerja dari scrum yang berbentuk iterasi, cepat, dan terdiri dari banyak aktivitas sehingga membutuhkan komunikasi serta kolaborasi yang cukup intens pada antar tim. Namun sejak adanya pandemi karena Covid-19 yang membuat beberapa karyawan bekerja secara work from home yang dimana tentu memengaruhi cara bekerja hingga performa karyawan dan perusahaan, serta melihat banyak perusahaan teknologi yang menerapkan work from home secara permanen, melatarbelakangi untuk mencari hubungan efektivitas penerapan work from home dengan penyelesaian proyek yang berbasis scrum. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling (SEM) untuk menganalisis data primer yang didapatkan dari hasil kuesioner sebanyak 125 responden. Hasil dari analisis pengujian ini menunjukkan bahwa penerapan work from home dinilai cukup efektif dalam menyelesaikan proyek scrum, hal ini dapat dibuktikan dari mayoritas responden yang setelah pandemi tetap bekerja secara daring dari rumah (work from home) ataupun secara bergantian (hybrid). Variabel core p scrum, people factor dan produktivitas merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap penyelesaian proyek scrum yang dikerjakan secara work from home. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan# bagi perusahaan/organisasi yang mempertimbangkan ataupun sedang mencari potensi penerapan work from home, sehingga berimplikasi kepada peningkatan efektivitas kinerja karyawan hingga pendapatan perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Mega Tricitanya
Date Deposited: 17 Feb 2023 14:40
Last Modified: 17 Feb 2023 14:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97606

Actions (login required)

View Item View Item