Analisis Kelelahan Pada Konstruksi Lokal Bollard (Bitts) Di Dek Kapal FSRU Offshore Jetty Moored

Khairi, Muhammad Tajasyqar Fathyan (2023) Analisis Kelelahan Pada Konstruksi Lokal Bollard (Bitts) Di Dek Kapal FSRU Offshore Jetty Moored. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311940000007-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311940000007-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan LNG sebagai sumber energi utama kedepannya tentu saja memerlukan infrastruktur pendukung dalam pendisitribusian dan pemanfaatannya. Salah satu infrastruktur pemanfaatan LNG yang diperlukan adalah adanya fasilitas untuk proses regasifikasi LNG. Salah satu fasilitas regasifikasi adalah Floating Storage and Regasification Units (FSRU). FSRU selama masa operasinya beroperasi dengan sistem tambat yang bersifat permanent mooring, dimana kapal tersebut ditambatkan pada suatu posisi dalam jangka waktu yang lama sebelum kembali ke daratan untuk proses docking. Perencanaan jangka panjang perlu dilakukan untuk mengatasi risiko kegagalan yang akan terjadi ketika FSRU memiliki sistem tambat jetty mooring permanen yang memerlukan analisis umur kelelahan pada beberapa komponen konstruksi yang ada pada FSRU, salah satunya adalah bollard (bitts). Dalam tugas akhir ini akan membahas analisis kelelahan pada struktur konstruksi lokal bollard (bitts) dengan menggunakan metode Spectral Based Fatigue Analysis, dimana dalam analisis tersebut akan dihitung karakteristik gerakan FSRU di gelombang reguler, tegangan maksimum yang terjadi pada bollard (bitts), dan umur kelelahan yang dimiliki oleh FSRU selama masa operasinya di lokasi yang direncanakan. Telah ditentukan bahwa bollard (bitts) nomor 10 yang akan dianalisis lokal pada penelitian ini dimana komponen tersbeut sebagai penerima rata-rata beban terbesar dibanding bollard (bitts) lainnya. Dilakukan proses running menggunakan software metode elemen hingga untuk mendapatkan data yang kemudian dapat diolah menjadi Stress RAO dari setiap arah pembebanan. Spektra gelombang yang digunakan bedasarkan tujuh variasi tinggi gelombang signifikan dan periode yang terjadi dalam data wave scatter yang sudah didapat. Selanjutnya perkalian dari setiap spektrum gelombang dengan masing-masing nilai stress RAO yang telah dikuadratkan akan dihasilkan spektra respon tegangan. Spektra respon inilah yang akan menentukan nilai nilai stokastik setiap variasi, yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan jumlah siklus yang terjadi pada setiap variasi yang ada (nL). Selanjutnya yaitu menghitung nilai N menggunakan kurva S-N yang akan digunakan untuk mencari cummulative damage dan menghitung indeks kelelahan (D) pada perhitungan umur kelelahan. Dengan umur desain yang telah ditetapkan selama 25 tahun, maka didapat bahwa umur kelelahan struktur tersebut sebesar 106.27 tahun. ===============================================================================================================================
The use of LNG as a primary energy source in the future certainly requires supporting infrastructure in its distribution and utilization. One of the LNG utilization infrastructure needed is the facility for LNG regasification process. One of the regasification facilities is Floating Storage and Regasification Units (FSRU). During its operation, FSRU operates with a permanent mooring system, where the ship is anchored in a fixed position for a long period of time before returning to land for docking. Long-term planning is necessary to address the risk of failure that will occur when the FSRU has a permanent jetty mooring system, which requires fatigue life analysis of several construction components on the FSRU, one of which is the bollard (bitts). This final project will discuss fatigue analysis on the local construction structure of bollard (bitts) using the Spectral Based Fatigue Analysis method, in which the analysis will calculate the characteristics of FSRU's movement in regular waves, the maximum stress that occurs on the bollard (bitts), and the fatigue life of the FSRU during its operation at the planned location. It has been determined that bollard (bitts) number 10 will be locally analyzed in this study, where the component is the largest average load receiver compared to other bollards (bitts). The running process is carried out using finite element method software to obtain data which can then be processed into Stress RAO from each loading direction. The wave spectrum used is based on seven variations of significant wave height and period that occur in the obtained wave scatter data. Furthermore, the multiplication of each wave spectrum with each squared stress RAO value will result in a stress response spectrum. This response spectrum will determine the stochastic values for each variation, which will then be used to determine the number of cycles that occur in each variation (nL). Next is to calculate the value of N using the S-N curve, which will be used to calculate cumulative damage and calculate the fatigue index (D) in fatigue life calculation. With a designated design life of 25 years, it is found that the fatigue life of the structure is 106.27 years.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FSRU, Kelelahan, Jetty Mooring, Spektra Respon, Kurva S-N, Bollard, Fatigue, Response Spectra, S-N Curve
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA460 Metals--Fatigue.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1665 Offshore structures--Materials.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Tajasyqar Fathyan Khairi
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:39
Last Modified: 31 Mar 2023 01:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97822

Actions (login required)

View Item View Item