Evaluasi Genangan Kota Surabaya

Lasminto, Umboro (2015) Evaluasi Genangan Kota Surabaya. In: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW),, 11 Juni 2015, Surabaya.

[thumbnail of Evaluasi Genangan Kota Surabaya.pdf] Text
Evaluasi Genangan Kota Surabaya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Kota Surabaya sebagai ibu kota propinsi Jawa Timur terletak di tepi pantai utara propinsi Jawa Timur yang sebagian wilayahnya merupakan dataran rendah. Beberapa wilayah di Kota Surabaya masih mengalami genangan ketika hujan turun. Genangan yang terjadi di jalan berakibat pada gangguan terhadap mobilisasi penduduk. Hal tersebut menyebabkan/meningkatkan kemacetan lalu lintas dan beresiko terhadap penurunan kesehatan masyarakat. Pembangunan infrastruktur drainase bertujuan mengatasi genangan yang sering melanda beberapa bagian Kota Surabaya. Penanganan genangan ini perlu dievaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilannya.
Indikator yang digunakan dalam penilaian keberhasilan pembangunan drainase adalah tinggi, luas dan lama genangan. Keberhasilan pembangunan sarana dan prasarana drainase dapat dinilai dari berkurangnya luas, lama dan tinggi genangan dari tahun ke tahun dengan mempertimbangkan curah hujan. Lebih jauh untuk mempermudah memahaminya dapat dilakukan pemberian skor dari masing-masing daerah genangan. Keberhasilan program lebih mudah diketahui dari melihat perubahan nilai skor genangan dari tahun ke tahun. Pembangunan sarana dan prasarana drainase telah berhasil menurunkan genangan yang terjadi di Kota Surabaya secara signifikan mulai dari tahun 2005 sampai 2013. Hingga tahun 2013 total luas genangan di Kota Surabaya telah turun kurang dari 1500 Ha. Lama genangan secara rata-rata dapat diturunkan hingga tinggal 1 jam. Sedangkan tinggi genangan rata-rata dapat diturunkan menjadi kurang dari 20 cm. Hasil skoring genangan untuk setiap rayon di Kota Surabaya rata-rata menunjuk tingkat genangan rendah, berarti bahwa sistem drainase Kota Surabaya baik. Dengan interval nilai dari 0 (sangat baik) sampai dengan 100 (Sangat buruk), skor genangan Kota Surabaya tahun 2013 sebesar 33.87, nilai ini turun dari skor tahun 2012 sebesar 36.91. Walaupun demikian masih ada daerah-daerah yang mengalami genangan tinggi dan lama yang disebabkan oleh luapan banjir sungai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: luas, tinggi, lama, genangan, dan Surabaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB1399.9 Floods
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:46
Last Modified: 04 Apr 2023 04:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97832

Actions (login required)

View Item View Item