Studi Perbandingan Aliran Alat Ukur Debit Ambang Tipis Penampang Segi Tiga Dengan Penampang Majemuk

Sumirman, Edy and Lasminto, Umboro (2013) Studi Perbandingan Aliran Alat Ukur Debit Ambang Tipis Penampang Segi Tiga Dengan Penampang Majemuk. In: Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW),, 26 Juni 2013, Surabaya.

[thumbnail of STUDI PERBANDINGAN ALIRAN ALAT UKUR.pdf] Text
STUDI PERBANDINGAN ALIRAN ALAT UKUR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy

Abstract

Pelimpah ambang tipis adalah salah satu alat ukur aliran yang terdiri dari beberapa macam dan dibedakan oleh bentuk penampangnya seperti penampang berbentuk segitiga (V-Notch), segiempat (rectangular), trapezium (Cipoletti) dan bentuk lainnya. Bentuk pelimpah akan berpengaruh pada tinggi air diatas pelimpah. Bentuk segitiga memiliki luas penampang lebih kecil dari pada bentuk segi empat. Alat ukur V-notch didesain dengan bentuk takik yang berbentuk seperti huruf V menghasilkan pengukuran yang akurat untuk pengaliran debit kecil dibandingkan dengan alat ukur yang lain. Sedangkan pada pengaliran debit besar, bentuk segi tiga menghasilkan tinggi air diatas mercu lebih besar dari bentuk yang lain. Pelimpah dengan segi empat untuk tinggi muka air yang sama memiliki kemampuan mengalirkan debit lebih besar dari pada penampang segitiga. Namun ketika mengalir debit kecil pada pelimpah penampang segi empat tinggi muka air di atas pelimpah terlalu kecil sehingga pengukuran menjadi tidak akurat. Penampang majemuk yang merupakan gabungan dari penampang segi tiga dan segi empat diharapkan dapat mengakomodasi kelemahan dari penampang segi empat dan segi tiga saja dalam melakukan pengukuran baik debit kecil maupun debit besar. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian aliran melalui pelimpah ambang tipis penampang segi tiga dan penampang majemuk. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengukuran aliran pada pelimpah ambang tipis berpenampang segitiga dan majemuk yang ditempatkan pada flume di dalam laboratorium. Kecepatan aliran diukur dengan menggunakan micro ADV dan permukaan air di hulu pelimpah dan ditempat pengukuran kecepatan diukur dengan menggunakan alat Ultrasonic Water Level Recorder. Data hasil pengukuran kecepatan aliran dan tinggi muka air dianalisa dengan metode statistik deskriptif untuk mendapatkan nilai rata-rata dan simpangannya. Dengan demikian maka hubungan antara debit aliran dan tinggi air diatas pelimpah dapat diperoleh serta efektifitas dari pelimpah ambang majemuk dapat diketahui. Dari hasil penelitian ini, penulis menyajikan perbandingan profil aliran antara pelimpah ambang tipis berpenampang segi tiga dan berpenampang majemuk, perubahan perilaku aliran dari penampang segitiga ke penampang gabungan, ketidakkontinyuitas hubungan antara debit aliran dan tinggi air diatas pelimpah penampang majemuk, dan angka koefisien debit pelimpah penampang majemuk dengan ukuran tertentu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pelimpah ambang tipis, V-notch, penampang majemuk, koefisien debit, micro ADV, Ultrasonic Water Level Recorder.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC424 Water levels
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:41
Last Modified: 04 Apr 2023 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97844

Actions (login required)

View Item View Item