Rekayasa Percabangan Sungai Bengawan Solo Dengan Model Numerik Dua Dimensi Untuk Optimalisasi Aliran Ke Floodway Plangwot

Patriadi, Andi and Lasminto, Umboro and Wardoyo, Wasis (2015) Rekayasa Percabangan Sungai Bengawan Solo Dengan Model Numerik Dua Dimensi Untuk Optimalisasi Aliran Ke Floodway Plangwot. In: Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil XI - 2015. (Unpublished)

[thumbnail of REKAYASA PERCABANGAN SUNGAI BENGAWAN.pdf] Text
REKAYASA PERCABANGAN SUNGAI BENGAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Daerah Bengawan Solo Hilir merupakan daerah yang sering dilanda banjir akibat luapan sungai di setiap musim penghujan. Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah membangun floodway. yang di desain mengalirkan debit banjir sebesar 6,10 m3/det melalui Plangwot-Sedayu Lawas. Seiring dengan berjalan waktu terjadi perubahan morfologi sungai Bengawan Solo yang tidak mampu lagi menampung debit yang terjadi. Upaya untuk mengoptimalisasi aliran ke floodway telah direncanakan pemerintah yaitu dengan penambahan kapasitas 2500 m3/det. Sehingga pada studi ini, akan dilakukan rekayasa pemodelan aliran pada percabangan sungai Plangwot-Sedayu Lawas dengan pencapaian model yang paling optimum. Metodologi yaog digunakan yaitu mensimulasikan aliran dengan pemodelan numerik. Pada masing-masing model dibtrat terlebih dahulu kondisi geometrik dan kondisi batas berdasarkan simulasi HEC-RAS. Dalam skenario, dipakai tiga konsep ulama yaitu peningkatan kapasitas alir saluran mengubah pola aliran Bengawan Solo Lama, dan menpercspat air sarnpai ke tallt. Dari ketiga konsep tersebut muncul tujuh skenario/model dengan inflow 25OO m3/detik dan 35OO m3/detik. Berdasarkan hasil simulasi model eksistrng, debit yang menBallr ke floodway adalah sebesar 433,34 m3/detik. Pembagian debit yang sesuai dengan perencanaan adalah dengan pelebaran dasarr floodway menjadi 150 meter, dimana debit yang masut ke Plangwot 2427,18 m3/detik dan yang masuk ke Bengawan Solo hanya 1075,20 m3/detik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bengawan Solo, Floodway, pemodelan, Plangwot-Sedayu Lawas
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC530 Flood control
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:05
Last Modified: 05 Apr 2023 03:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97846

Actions (login required)

View Item View Item