Studi Pengembangan Manajemen Operasuional Sub-Sistem Drainase Wonorejo-Rungkut Untuk Menentukan Sistem Pengaliran Banjir Yang Efektif

Aziz, S.Kamilia and Anggrahini, . and Lasminto, Umboro Studi Pengembangan Manajemen Operasuional Sub-Sistem Drainase Wonorejo-Rungkut Untuk Menentukan Sistem Pengaliran Banjir Yang Efektif. In: ..

[thumbnail of STUDIPENGEMBANGAN MANAJEMEN.pdf] Text
STUDIPENGEMBANGAN MANAJEMEN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sub-Sistem drainase Wonorejo Rungkut Surabaya Selatan merupakan bagian dari sistem drainase Jambangan yang mempunyai wilayah banjir terparah karena sepanjang daerah alirannya seringkali terjadi banjir. Pada Sub-Sistem Wonorejo Rungkut terdiri dari dua saluran primer yaitu saluran primer Wonorejo dan primer Rungkut. Permasalahannya adalah kapasitas eksisting saluran primer Wonorejo tidak mampu menampung debit rencana l0 tahunan sehingga perlu diselesaikan bagaimanakah cara mengalirkan air ketika terjadi banjir terutama pada saat banjir datang bersamaan dengan pasang air laut. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah optimasi keburuhan htasboezem, saluran, operasional pompa dan pintu laut. Supaya saluran mampu menampung debit banjir maka dilakukan normalisasi sepanjang alirannya. Sedangkan untuk mengendalikan banjir bersamaan dengan pasang air laut, jika debit inflow hanya berasal dari saluran primer Wonorejo saja dibutuhkan boezem seluas 54.2 ha dengan pengoperasian 4 pompa dengan kapasitas 10 m3/dt, lebar bukaan pintu 12 m dan tinggi bukaan pintu 0.4 m, tetapi jika saluran difungsikan sebagai long storage dibutuhkan boezem seluas 5.5 ha yang dikombinasikan dengan pengoperasian 4 pompa dengan kapasitas 10 m3/dt. lebar bukaan pintu 12 m dan tinggi bukaan pintu 0,4 m. Jika debit inflow berasal dari saluran primer Wonorejo dan saluran primer Rungkut, meskipun saluran primer Wonorejo difungsikan sebagai long storage masih dibutuhkan boezem seluas 13.3 ha dengan pengoperasian 4 pompa dengan kapasitas 10 m3/dt, lebar bukaan pintu 12 m, dan tinggi bukaan pintu 0.5 m.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Drainase, boezem, long storage, pompa, pintu laut
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:37
Last Modified: 05 Apr 2023 04:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97848

Actions (login required)

View Item View Item