Penilaian Risiko Ship-To-Ship Transfer Dari Lng Vessel Ke Fsu Di Daerah Yang Berdekatan Dengan Fasilitas Bongkar Kapal Bulk Carrier

Antoro, Mochammad Tri (2020) Penilaian Risiko Ship-To-Ship Transfer Dari Lng Vessel Ke Fsu Di Daerah Yang Berdekatan Dengan Fasilitas Bongkar Kapal Bulk Carrier. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000079_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211640000079_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kebutuhan gas bumi domestik mengalami pertumbuhan seiring dengan
pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi energi dan
prefensi konsumen. Permintaan gas bumi sektor industri di wilayah Jawa Timur saat
ini mencapai 400 MMSCFD dan akan terus meningkat ditahun yang akan datang,
sedangkan pasokan cenderung turun dari 170 MMSCFD pada tahun ini dimana
terdapat defisit gas bumi sebesar 233 MMSCFD dan 382 MMSCFD pada tahun 2008
dan 2011, namun untuk wilayah Jawa Timur masih diindikasikan adanya sumber
pasok baru dari wilayah Cepu dan dari lapangan Bukit Tua. Dari beberapa kondisi
tersebut, yaitu kebutuhan gas bumi domestik yang semakin meningkat namun terjadi
penurunan produksi maka dibangunlah sebuah fasilitas yang dapat menunjang
produksi gas LNG pada daerah yang memiliki demand yang tinggi dan lokasi yang
strategis. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap memulai pembangunan terminal
LNG di Terminal Teluk Lamong, sebagai bagian dari ekspansi bisnis layanan terminal
pendukung industri minyak dan gas. Tugas akhir ini membahas penilaian risiko
terhadap proses ship-to-ship transfer LNG dengan kondisi transfer LNG dari kapal
LNG ke FSU (Floating Storage Unit) di lokasi yang berdekatan dengan proses
unloading oleh bulk carrier. Metode yang digunakan untuk hazard identification
adalah kombinasi antara HAZOP (Hazard and Operability Study) dikombinasikan
dengan STPA (System Theoretic Process Analysis). Perhitungan frekuensi
menggunakan metode Fault Tree Analysis dan Event Tree Analysis. Perhitungan
konsekuensi dilakukan dengan dua metode Dow’s Fire Explosion Index (F&EI) dan
Fire Modelling menggunakan software ALOHA untuk mengetahui bagaimana
dampak dari bahaya yang mungkin terjadi. Berdasarkan hasil pemetaan menggunakan
risk matrix UK- HSE, daerah yang tidak dapat diterima atau unacceptable pada
kejadian jet fire, flash fire, pool fire, vapor cloud explosion dan gas dispersion pada
node 3 dengan skenario kebocoran 1-3 mm. Untuk pemetaan menggunakan F-N
curve, kondisi ALARP terjadi pada kejadian jet fire, flash fire, pool fire dan vapor
cloud explosion pada node 3 dengan skenario 1-3 mm. Mitigasi dilakukan untuk
menurunkan besar frekuensi dengan cara penambahan gas detector, pressure alarm
dan temperature alarm sampai pada kondisi yang dapat diterima.
Kata
=============================================================================================
Domestic gas need experience growth in line with economic growth, population
and changes in energy consumption patterns and consumer priority. Demand for
industrial sector in East Java region currently reaches 400 MMSCFD and will
continue to increase in the future, while the supply tends to drop from 170 MMSCFD
this year where there is a natural gas deficit of 233 MMSCFD and 382 MMSCFD in
2008 and 2011, but for East Java region still indicated there is a new source of supply
from the Cepu region and from Bukit Tua field. From some of these conditions,
domestic gas needs are increasing but there is a decline in production, a facility that
can support the production of LNG gas in the region that has high demand and the
location strategic. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III is ready to start the
construction of the industrial LNG in Terminal Teluk Lamong, as part of the business
expansion of the Terminal Services supporting the oil and gas industry. This final task
discusses the risk assessment of the LNG ship-to-ship process with the LNG transfer
conditions from the LNG vessel to the FSU (Floating Storage Unit) at a location
adjacent to the unloading process by the bulk carrier. The method used for hazard
identification is a combination of HAZOP (Hazard and Operability Study) combined
with STPA (System Theoretic Process Analysis). Frequency calculations Use the
Fault Tree Analysis and Event Tree Analysis methods. The consequences calculations
are done with the two methods of Dow's Fire Explosion Index (F&EI) and Fire
Modelling uses ALOHA software to know how it impacts the possible dangers. Based
on the results of the mapping using the risk matrix UK-HSE, the area is unacceptable
or unacceptable on the incidence of jet fire, flash fire, pool fire, vapor cloud explosion
and gas dispersion on node 3 with a leak scenario of 1-3 mm. For mapping Using the
F-N curve, the ALARP condition occurs in the incidence of jet fire, flash fire, pool
fire and vapor cloud explosion on the node 3 with a 1-3 mm scenario. Mitigation is
done to lower frequency by adding gas detectors, pressure alarms and temperature of
the alarm to acceptable conditions.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RSSP 623.824 5 Ant p-1
Uncontrolled Keywords: Dow’s Fire Explosion Index, ETA, Fire Modelling, F-N curve, FTA, LNG, Risk Matrix UK – HSE, Ship-to-ship transfer dan STPA.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 15 May 2023 05:50
Last Modified: 15 May 2023 05:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97886

Actions (login required)

View Item View Item