Pengembangan Potensi Industri Di Pulau Madura Sebagat Pemanfaatan Pembangunan Jembatan Suramadu

Soepardjono, Herman (2005) Pengembangan Potensi Industri Di Pulau Madura Sebagat Pemanfaatan Pembangunan Jembatan Suramadu. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2599201035-Master_Thesis.pdf] Text
2599201035-Master_Thesis.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pembangunan Jembatan SURAMADU diharapkan mempercepat proses pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan kemudahan sector transportasi yang akan mendongkrak sector yang lain. Industri sebagai salah satu aktifitas ekonomi yang memberikan nilai tambah yang besar dan keterkaitan ekonomi yang cukup luas,diharapkan mampu menjadi prime sector yang akan tumbuh pesat pasca Pembangunan Jembatan SURAMADU. Dalam rangka pengembangan industri di daerah diperlukan penataan dan penciptaan situasi yang kondusif untuk berkembangnya sektor industri, berdasarkan sumberdaya atau potensi yang dimiliki. Disamping itu harus didukung penguatan struktur industri dan upaya penguatan inkorporasi antar jenis industri menuju industri daerah yang handal dan mandiri. Dalam proses penelitian ini, data-data yang telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya diolah untuk menentukan sektor mana yang potensial dikembangkan. Suatu sektor dikatakan potensial untuk dikembangkan apabila mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan seluruh sektor yang ada. Untuk melihat keunggulan yang dimiliki oleh suatu sektor, maka dilakukan pengukuran-pengukuran terhadap keterkaitan antar industri terhadap tingkat pertumbuhan sector, penyerapan tenaga kerja sampai memunculkan industri potensial yang ada di Pulau Madura. Dengan menggunakan teknik pengembangan Input-Output dan Location Quotient akan dapat menjawab permasalahan yang ada dalam thesis ini serta diharapkan keluar suatu saran-saran dan rekomendasi yang relevan terkait dengan percepatan pembangunan industri di pulau Madura pasca pembangunan Jembatan SURAMADU.
================================================================================================================================
The development of Suramadu bridge expected to drive the process of economic growth that marked with the fluency of transportation sector to jack up other sector. Industry as one of economic activities that give big value added and have wide enough connection in economy, expected able to become primesector that will growfast after the development of Suramadu bridge. In order to industrial development in local area needed a settlement and creation of situation that supporting the expansion ofindustrial sector, pursuant to resources or potency owned. Besides, have to be supported by industrial structure reinforcement and strive reinforcement incorporation inter industrial type towards self-supporting and reliable industry. In this research, all data which have been collected at previous phase processed to determine which sector that potential to be developed. It told as potential sector to be developed if having excellence compared with entire sector. To see the excellence owned bya sector, conducted by measurement to connection inter industry related to sector growth rate, labour absorption, peep out potential industry exist in Madura island. By using the development of Input-Output and Location Quotient technique will be able to reply existing problems in this thesis and also expected a relevant recommendation and suggestion with acceleration.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 338.9 Soe p 2005
Uncontrolled Keywords: tabel input output, location qoutient, tingkat penyebaran, tingkat kepekaan, potensi industri, input-output table, spread rate, sensitivity rate, industrial potency
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 17 May 2023 04:32
Last Modified: 17 May 2023 04:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97924

Actions (login required)

View Item View Item