Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Di Surabaya Dengan Menerapkan Quality Function Deplyoment

Yenni, Yenni (2005) Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Soetomo Di Surabaya Dengan Menerapkan Quality Function Deplyoment. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2502201031-Master_Thesis.pdf] Text
2502201031-Master_Thesis.pdf

Download (19MB)

Abstract

Instalasi Rawat Jalan merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang melakukan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Oleh karena itu, tugas instalasi rawat jalan dalam memberikan pelayanan medik dan penunjang medik tidak dapat dibatasi dengan pendekatan diatas tetapi dengan pelayanan kesehatan terbaik yang memiliki contact personel cukup tinggi dan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan kesehatan IRJ RSUD Dr.Soetomo Surabaya dimana dalam memberikan layanan masih ada kekurangan. Maka perlu dilakukan upaya untuk mendesain layanan kesehatan yang lebih baik dengan mencari usulan perbaikan terhadap atribut-atribut yang dipentingkan oleh konsumen / pasien melalui suara konsumen. Dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) dan Analytical Hierarchy Process diperoleh hasil bahwa atribut-atribut pelayanan yang mendapatkan perhatian yang serius dari pihak instalasi rawat jalan untuk segera diperbaiki adalah tidak adanya perbedaan layanan baik dari segi medis maupun non-medis pada pasien (kelas/koneksi); perhatian, kesabaran, dan ketelatenan kepada pasien; jadwal pelayanan yang tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan; kecakapan memberikan pelayanan medis maupun non-medis dengan baik kepada pasien; tersedianya tempat parkir yang luas, aman dan nyaman; kesigapan memberikan pelayanan medis,maupun non-medis pada pasien; keramahan dan kesopanan saat memberikan pelayanan kesehatan; reputasi (image) IRJ RSUD Dr. Soetomo; sarana service lift yang memadai; tersedianya toilet yang bersih, aman dan nyaman. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dipentingkan dan respon teknis yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka pihak instalasi rawat jalan harus melakukan perbaikan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, kualitas sistem pelayanan, sarana dan prasarana yakni dengan menerapkan pelayanan kesehatan prima yang merupakan solusi dari keseluruhan atribut-atribut yang diprioritaskan melalui pelatihan kerja.
================================================================================================================================
Out-patient care unit is a health service unit, which functions to improve health quality by means of maintaining and improving health as well as preventing and curing diseases. Therefore, the responsibilities of outpatient care unit in giving medical services and medical support can not be limited to the aforementioned tasks butit is expected to be able to give better services, which have high personal contact, which can give customers’ satisfaction. The research talks about health quality services in outpatient care unit at DR. Sutomo General hospital, Surabaya, in which they are still considered low. An attempt to design better health services is required. Improving attributes needed by consumer/patients through voice of customers’ can do this. Byusing Quality Function Deployment (OF D) and Analytical Hierarchy Process, the service attributes that require immediate improvement can be recognized. Among them are no different services either medically or non-medically for different class patients who include attention, patience, hospitality as well as punctual service schedule to patients, In additions, skillful and quick services, readiness and politeness in giving medical or non-medical services to patients are also expected. Also, supporting facilities such as spacious, safe and comfortable parking lot; clean, safe and comfortable toilet and lift are also required. Having considering voice of customers’ responses, outpatient care unit has to improve the quality of human resources, service system, facilities and infrastructure through the application of prime health services. And this can be done through human resources training.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.562 Yen p 2005
Uncontrolled Keywords: Voice Of Customer, Quality Function Deployment, Analytical Hierarchy Process, Pelayanan Kesehatan Prima, Prime Health Services.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.15 Total quality management.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:23
Last Modified: 16 Jun 2023 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97954

Actions (login required)

View Item View Item