Barahima, Akramurridjal Rahman (2020) Perancangan Antarmuka Berbasis Komponen Deklaratif Untuk Pelanggan Baru Pada Modul Ajak Teman Di Sistem Pemasaran UMKM. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211640000150-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Pemasaran ajak teman (referral marketing) sudah lama diterapkan sebagai strategi pemasaran UMKM. Dalam penerapannya, UMKM memanfaatkan media sosial sebagai salah satu alat dalam penerapan pemasaran ajak teman. Namun, pemasaran ajak teman pada media sosial memiliki beberapa tantangan. Salah satunya belum tersedianya cara mudah bagi pelanggan UMKM untuk membagikan sekaligus memantau kampanye produk yang mereka lakukan di media sosial. Adanya proses membagikan yang mudah diharapkan dapat mengubah kebiasaan pelanggan yang sebelumnya konsumtif menjadi kontributif terhadap usaha pemasaran UMKM.
Penelitian dimulai dengan melakukan penggalian fitur-fitur potensial terhadap tiga platform pemasaran. Luaran dari tahapan tersebut diwujudkan menjadi solusi alternatif untuk menjawab kebutuhan sistem. Selanjutnya, dilakukan riset pengguna (user research) guna memahami motivasi individu ketika mempromosikan produk milik usaha kecil. Riset pengguna dilakukan dengan metode wawancara secara daring kepada 6 partisipan yang pernah terlibat dalam pemasaran digital menggunakan media sosial.
Berdasarkan tahapan tersebut, didapatkan solusi desain yang dapat menjawab kebutuhan sistem. Solusi desain tersebut dirancang dan diimplementasikan menjadi purwarupa berbasis vi
kode dengan pendekatan pemrograman deklaratif menggunakan pustaka komponen React Native Paper. Pendekatan ini memungkinkan purwarupa untuk dijalankan di beberapa sistem operasi perangkat bergerak berdasarkan basis kode tunggal. Purwarupa tersebut kemudian diujikan kepada enam partisipan untuk mengukur seberapa efektif solusi tersebut. Pengujian dilakukan dengan metode usability testing sebanyak dua iterasi. Hasil pengujian tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh masukan dan prioritas perbaikan, sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap bagian yang memperlambat pengguna dalam mencapai tujuannya.
Riset pengguna menghasilkan tujuan untuk memudahkan pelanggan dalam membagikan penawaran. Pada tahap penggalian peluang fitur, fitur utama yang berhasil diidentifikasi yaitu membagikan konten kampanye yang ditentukan oleh pemilik usaha ke media sosial. Terdapat 5 layar yang telah diimplementasi dan diuji pada sistem operasi Android. Terdapat masukan penting dari pengguna sehingga dilakukan pemotongan alur ketika membagikan penawaran serta dipindahkannya penyaringan kategori ke halaman pencarian. Masukan menarik yang dapat digunakan untuk pengembangan berikutnya meliputi: menyediakan penawaran khusus bagi pengguna yang baru terdaftar serta menyediakan pengukuran imbalan yang pantas diberikan kepada pelanggan UMKM.
==================================================================================================================================
Referral marketing has long been applied as a MSME’s marketing strategy. MSME’s utilizes social media as one of the tools in applying referral marketing. However, referral marketing on social media has several challenges. One of them is the unavailability for MSME’s customers to share and monitor their product campaigns on social media. The existence of an easy sharing process is expected to change customer behavior that were previously consumptive to become more contributive to the MSME marketing effort.
This study began with a research on potential feature that conducted on three marketing platforms. The output of this research helps to provide an alternative solution. User research is conducted to understand individual motivation when promoting products owned by small businesses. This user research conducted using an online interview method toward 6 participants who had been involved in utilizing social media for marketing purposes. This user research stages produce a design solution that can address MSMEs’ needs. This design solution was planned and implemented into a code-based prototype using declarative programming approaches and utilizing the React Native Paper component library. This approach allows prototypes to run on multiple mobile operating systems based viii
on a single code base. The prototype was then tested on six participants to measure how effective the solution was. Testing is done by using two methods of usability testing. This test results then analyzed to obtain feedback and priority for improvement, in order to make improvements on parts that complicate the user in achieving his goals.
User research produces a design solution to make it easier for customers to share offers. The main feature that was identifie implied the sharing of campaign content determined by the business owner on social media. There are 5 screens that have been implemented and tested on Android. There is some important feedback from users that made some improvements in this design solution including a shortened flow for offers sharing and moving category filtering to the search page. Some interesting feedback that can be used for further development includes: providing special offers for newly registered users and providing fair reward measurement for MSME customers.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 004.678 Bar p-1 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pemasaran UMKM, Referral Marketing, Pengalaman Pengguna, Komponen Deklaratif, Usability Testing, React Native, MSME Marketing System, Referral Marketing, User Experience, Declarative Component, Usability Testing, React Native |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 03:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 03:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/97963 |
Actions (login required)
View Item |