Analisis Tegangan Lokal Pada Sambungan Kritis dan Pushover Jacket Wellhead Platform Tiga Kaki Akibat Pengaruh Scouring

Nurahmad, Nauval (2023) Analisis Tegangan Lokal Pada Sambungan Kritis dan Pushover Jacket Wellhead Platform Tiga Kaki Akibat Pengaruh Scouring. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311940000006-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311940000006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 November 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perancangan jacket platform, perlu diperhatikan beban-beban yang berpengaruh pada struktur dan faktor alam yang dapat memengaruhi intergritas struktur seperti terjadinya scouring. Selain itu, scouring dapat mengurangi kekuatan cadangan struktur. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis pengaruh scouring terhadap integritas struktur. Pada Tugas Akhir ini, dilakukan analisis untuk memprediksi kedalaman scouring maksimum agar dapat beroperasi sesuai codes serta dilakukan analisis lokal pada kondisi struktur belum diberikan beban tambahan untuk mengetahui distribusi tegangan pada sambungan kritis akibat pengaruh scouring pada kondisi maksimum kedalaman scouring. Analisis pushover juga perlu dilakukan untuk menghitung Reserve Strength Ratio (RSR) pada kondisi maksimum scouring. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maksimum kedalaman scouring yang diperbolehkan pada jacket platform 3 kaki ini adalah kedalaman 5 m dengan pile compression safety factor bernilai 1.5 pada pile PA3 dan PB2 yang sudah pada batas maksmimal safety factor yang diizinkan oleh API RP 2A WSD. Member kritis terjadi pada member 303L-122X dengan Unity Check (UC) 0.95 dan sambungan kritis terjadi pada joint 702L dengan UC 0.546 pada maksimum kedalaman scouring. Tegangan tertinggi sambungan kritis dengan increment = 0 pada kondisi maksimum kedalaman scouring terjadi pada Brace 3 pada lokasi chord side weld toe dengan besar tegangan 225.42 MPa sedangkan tegangan minimum terjadi pada Brace 1 pada lokasi chord side weld toe dengan besar tegangan 12.33 MPa. Tegangan rata rata tertinggi terjadi pada Brace 2 pada lokasi chord side weld toe dengan besar tegangan 107.85 MPa. Pada analisis pushover, Nilai RSR terkecil pada kondisi non scouring terjadi pada arah pembebanan 270o dengan nilai 1.91. Nilai RSR akan menurun seiring dengan penambahan kedalaman scouring. Pada kondisi scouring 4 m dan 5 m nilai RSR yang didapat melebihi batas yang telah ditentukan oleh API RP 2A WSD yaitu 1.6 dengan masing masing nilai RSR 1.56 dan 1.54.
=====================================================================================================================================
When designing a jacket platform, it is necessary to consider the structural loads and natural factors that can affect the integrity of structure, such as scouring. In addition, scouring can reduce the reserve strength of the structure. Therefore, an analysis of the impact of scouring on the integrity of structure is necessary. In this Final Project, an analysis was conducted to predict the maximum allowable scour depth for the platform to operate within codes. It also performs a local analysis of the structure’s condition prior to additional loads being applied to determine the stress distribution on critical joints due to scouring at maximum scour depth. A pushover analysis is also necessary to calculate the Reserve Strength Ratio (RSR) under maximum scouring conditions. Based on the results of the analysis, the maximum allowable scour depth for this tripod jacket platform is 5 meters with a pile compression safety factor of 1.5 on piles PA3 and PB2, which is already at the maximum safety factor allowed by API RP 2A WSD. The critical member and joint are found in member 303L-122X with a Unity Check (UC) of 0.95 and joint 702L with a UC of 0.546 at maximum scour depth. The highest stress on the critical joint with an increment = 0 at maximum scour depth occurs on Brace 3 at the chord side weld toe location with a stress of 225.42 MPa, while the minimum stress occurs on Brace 1 at the chord side weld toe location with a stress of 12.33 MPa. The highest average stress occurs on Brace 2 at the chord side weld toe location with a stress of 107.85 MPa. In the pushover analysis, the smallest RSR value in the non-scouring condition occurs at a loading direction of 270 degrees with a value of 1.91. The RSR value will decrease with increasing scour depth. At scour depths of 4 meters and 5 meters, the RSR values obtained exceed the limit set by API RP 2A WSD, which is 1.6, with RSR values of 1.56 and 1.54.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jacket Platform, Pile, Pushover, Sambungan Kritis, Scouring, Critical Joint
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1665 Offshore structures--Materials.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nauval Nurahmad
Date Deposited: 25 May 2023 01:43
Last Modified: 25 May 2023 01:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/97991

Actions (login required)

View Item View Item