UJI PERFORMA MESIN SINJAI BERBAHAN BAKAR BI-FUEL (PREMIUM-COMPRESSED NATURAL GAS) DENGAN PENGATURAN DURASI INJEKSI DAN AIR FUEL RATIO

AMINUDIN, ACHMAD (2014) UJI PERFORMA MESIN SINJAI BERBAHAN BAKAR BI-FUEL (PREMIUM-COMPRESSED NATURAL GAS) DENGAN PENGATURAN DURASI INJEKSI DAN AIR FUEL RATIO. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112202011-Abstract.pdf]
Preview
Text
2112202011-Abstract.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 2112202011-Conclusion.pdf]
Preview
Text
2112202011-Conclusion.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 2112202011-master thesis.pdf] Text
2112202011-master thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sehubungan dengan rendahnya nilai karakteristik dan ditunjukkan pada
propertisnya dari compressed natural gas (CNG) dibandingkan dengan premium,
maka berdampak penurunan performa engine yang berbahan bakar asal premium.
Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada engine Sinjai (bi-fuel) 2
silinder 650 cc pada variable speed 2000 - 5000 rpm dengan interval 500 rpm,
metode yang digunakan untuk mengetahui nilai settingan yang optimum adalah
dengan mengatur durasi injeksi (ms) dan air fuel ratio (AFR). Durasi injeksi yang
digunakan pada penelitian ini sebesar 5,9 ms, 6,5 ms dan 7,5 ms, melalui mapping
pada software AC GAS SYNCHRO 9.1.0. Sedangkan pengaturan AFR dilakukan
dengan menambahkan suplai udara melalui blower dan melakukan pengukuran
dengan AFR meter berdasarkan kriteria settingan durasi injeksi pada setiap
putaran engine.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengaturan durasi
injeksi dan nilai AFR yang tepat pada engine Sinjai berbahan bakar CNG terjadi
pada durasi injeksi 7,5 ms dengan penambahan suplai udara pada saluran intake.
Hasil yang didapatkan pada pengaturan ini adalah nilai torsi, daya, dan tekanan
efektif rata-rata (BMEP) secara berturut turut sebesar 43,83 Nm, 15,6 kW dan
854,74 kPa atau mengalami kenaikan sebesar 1,27 %, 1,14 %dan 1,27 % terhadap
premium. Nilai efisiensi volumetrik dan efisiensi thermal menurun masingmasing
sebesar 6,77 % dan 22,69 %. Sedangkan kandungan emisi CO dan HC
sebesar mengalami penurunan 38,9 % dan 25,6 % terhadap bahan bakar premium.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM 629.253 Ami u
Uncontrolled Keywords: Air Fuel Ratio; Compressed Natural Gas (CNG); Gasoline; Durasi Injeksi; Engine Sinjai dan Software AC GAS SYNCHRO 9.1.0
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2016 03:08
Last Modified: 08 Dec 2016 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item