Optimasi Waktu Komputasi Penghitungan Rekening Pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur Dengan Menggunakan Teknologi Webservice

Redrikana, Farid (2005) Optimasi Waktu Komputasi Penghitungan Rekening Pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur Dengan Menggunakan Teknologi Webservice. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5100100071-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5100100071-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (10MB)

Abstract

Salah satu sumber data untuk menganalisa kondisi perusahaan, PT. PLN, adalah proyeksi pendapatan perusahaan yang tercermin dari hasil penjualan energi listrik kepada para pelanggannya. Untuk mendapatkan proyeksi pendapatan yang dimaksud di atas, maka harus dilakukan proses penghitungan rekening pelanggan untuk mendapatkan tagihan pelanggan sebagai sumber pendapatan perusahaan. Namun proses penghitungan ini akan memakan waktu yang sangat lama karena terdapat lebih dari satu juta data pelanggan yang harus diproses. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menyelesaikan proses penghitungan rekening pelanggan tersebut dengan waktu yang lebih cepat. Hal ini mendorong penulis untuk memanfaatkan teknologi webservice untuk dapat mendistribusikan data pelanggan ke mesin — mesin penghitung rekening, sehingga mesin — mesin penghitung rekening tersebut dapat melakukan proses penghitungan rekening secara_ paralel. Dengan demikian diharapkan penghitungan rekening untuk seluruh data pelanggan dapat lebih cepat diselesaikan sehingga waktu komputasi totalnya dapat dioptimalkan Dari hasil pengujian dan evaluasi, dengan skenario penambahan data dan penambahan mesin penghitungan rekening, sistem penghitungan rekening pelanggan yang terdistribusi dengan menggunakan teknologi Webservice ini =mampu menunjukan adanya_ percepatan dalam menyelesaikan proses penghitungan rekening.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 006.7 Red o 2005
Uncontrolled Keywords: Energi Listrik, Webservice, PT.PLN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:38
Last Modified: 29 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98013

Actions (login required)

View Item View Item