Studi Pola Perencanaan Pengembangan Terminal Peti Kemas, Di Tanjung Perak-Surabaya

Kusuma, Ivan Hadi Perdana (2008) Studi Pola Perencanaan Pengembangan Terminal Peti Kemas, Di Tanjung Perak-Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4301100001-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4301100001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

Pelabuhan baru akan direncanakan di Kali Lamong, Surabaya, sebagai pengembangan Terminal Petikemas di Tanjung Perak-Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah Terminal Petikemas tersebut perlu segera dilakukan pengembangan pelabuhan karena kapasitasnya tidak mencukupi didasarkan dari data-data yang tersedia dari tahun 2000 sampai tahun 2015. Dalam penelitian ini dilakukan analisa kebutuhan Terminal Petikemas tersebut ditinjau dari sisi panjang dennaga, lapangan penumpukan, dan peralatan bongkar muat untuk kebutuhan pada tahun 2010 dan 2015. Metodologi yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah melakukan analisa kapasitas terpasang saat ini kemudian dibandingkan dengan proyeksi kebutuhan fasilitas Terminal Petikemas pada tahun 2010 dan 2015. Langkah awal penelitian tersebut adalah memproyeksi arus kapal dan jumlah arus bongkar muat peti kemas pada tahun 2010 dan 2015. Kemudian mencari nilai tingkat kebutuhan dermaga atau BOR (Berth Occupancy Ratio) dengan menggunakan software Arena 5.0 untuk mengetahui kebutuhan panjang dermaga pada tahun 2010 dan 2015. Hasil simulasi dari Arena tersebut menunjukkan nilai BOR pada tahun 2010 sebesar 43 %dan 2015 sebesar 35 % sehingga selanjutnya diketahui panjang dermaga tahun 2010 sepanjang 272 meter dan tahun 2015 sebesar 326 meter. Pada tahun 2010 kebutuhan luas lapangan penumpukan 9 Ha dan 2015 seluas 10 Ha Untuk kebutuhan peralatan bongkar muat pada tahun 2010 khususnya Gantry Crane dan Rubber Tyred Gantry sebanyak 3 buah, sedangkan untuk tahun 2015 hanya membutuhkan 4 buah. Dengan kondisi existing panjang dennaga sepanjang 1450 meter, luas lapangan penumpukan 40 Ha dan peralatan bongkar muat 10 buah Gantry Crane dan 23 Rubber Tyred Gantry, maka Terminal Peti Kemas Surabaya tidak perlu dilakukan pengembangan pelabuhan untuk tahun 2010 dan 2015.
===================================================================================================================================
The new port has been plan in Kali Lamong, Surabaya, as the development of container terminal in Tanjung Perak-Surabaya. The aim of this study is to evaluate the existing capacities and requirement of port facility of container based on datadata in year 2000 until2006 and the prediction in the year 2010 and 2015, so its will known whether it's need to develop soon because the capacity is not enough or not. In this study will be do the analysis of container terminal capacity that its look from the length of quayline, the capacious of container yard and crane for the necessity in 2010 and 2015. The methodology of which is use in this study is to analys the existing capacity and it will compare with the container terminal capacity in 2010 and 2015. For the value of berth utility or BOR (Berth Ocuupancy Ratio) using Arena 5.0 software to know the needs of quayline length in 2010 and 2015. The result of this simulation can show the value ofBOR in 2010 is 43% and 2015 is 35 % and then it will known the berth length in 2010 is 272 meter and in 2015 is 326 meter. The needs of container yard capacious in 2010 is 9 Ha and in 2015 is 10 Ha. For the equipments in 2010 needs 3 Gantry Crane and Rubber Tyred Gantry and in 2015 needs 4. With the existing condition like berth length is 1450 meter, the capacious of container yard is 40 Ha, for the equipment needs 10 Gantry Crane and 23 Rubber Tyred Gantry, so Surabaya Container Terminal do not need port development for 2010 and 2015.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 627.31 Kus s 2008
Uncontrolled Keywords: Peti Kemas, lapangan penumpukan, Gantry Crane, Rubber Tyred Gantry, Container, Container yard, Gantry Crane, Rubber Tyred Gantry.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:54
Last Modified: 06 Jun 2023 08:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98047

Actions (login required)

View Item View Item