Pengaruh Komposit Epoxy Hmg Pada Bumper Depan Kendaraan Untuk Mereduksi Energi Impact

Amalia, Hindun (2014) Pengaruh Komposit Epoxy Hmg Pada Bumper Depan Kendaraan Untuk Mereduksi Energi Impact. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100059_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2110100059_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komposit merupakan material yang terdiri dari dua atau lebih material yang memiliki sifat yang lebih baik dari material-material penyusunnya. Komposit epoxy dengan penguat Hollow Glass Microsphere merupakan material yang memiliki densitas yang cukup kecil namun memiliki ketahanan terhadap kompresi yang baik. Material yang memiliki strength-to-weight ratio yang baik banyak diaplikasikan khususnya untuk alat transportasi karena ringan namun tetap kuat sehingga alat transportasi bisa berfungsi dengan efisiensi yang baik. Aplikasi komposit epoxy dengan penguat HGM untuk bumper belum pernah dilakukan, oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui bagaimana kemampuan komposit ini sebagai material bumper untuk menyerap energi impact ketika terjadi tabrakan dengan kecepatan rendah. Penelitian dilakukan dengan simulasi mengunakan software finite element. Material yang diguanakan adalah komposit Epoxy HG,. Bumper didesain dengan variasi ketebalan 4 hingga 8mm, dan dilakukan simulasi pembebanan impact sesuai standar Economic Comission for Europe-regulasi 42. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu bumper mampu menyerap 86,39% energi kinetik impactor dengan nilai tegangan dibawah yield, dan deformasi maksimal dibawah 74 mm. Apabila ketebalan bumper ditingkatkan, maka nilai tegangan dan deformasi akan mengalami penurunan.
====================================================================================================================================
Safety is one of important factors which has to be considered in designing vehicle in the automotive industry. One of the components related to the vehicle safety is bumper. A bumper is applied for vehicle’s body protection. Bumpers attached to the vehicle’s body on front and rear to protect vehicle’s body damage from low speed crash. Hollow glass microsphere (HGM) reinforced epoxy is used as the material for vehicle’s bumper. This material has not applied for this application yet. This research is conducted in order to find the ability of this composite material in absorbing impact energy from low speed crash. This research is conducted numerically by using finite element method. Thickness of the bumper varied from 4 mm to 8 mm with 1 mm increment is used in this research. Low speed collision simulation is implemented by following Economic Commission for Europe Regulation 42. The bumper energy absorption is analyzed and indicated by the internal energy, deformation and equivalent stress from each bumper’s thickness. Results achieved from this experiments are, composite bumper are able to absorb 86,39% of applied kinetic energy from impactor with von misses stress below composite yield strength and total deformation of 74 mm. Increasing in bumper thickness will reduce the value of stress and deformation of bumper.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 620.118 Ama p
Uncontrolled Keywords: bumper, komposit, epoxy, HGM; Bumper, Composite, Epoxy, Hollow Glass Microsphere
Subjects: Q Science > QC Physics > QC173.4.C63 Composite materials
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:41
Last Modified: 08 Jun 2023 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98064

Actions (login required)

View Item View Item