Nisa, Nafiatun (2014) Studi Numerik Karakteristik Aliran Fluida Melintasi Airfoil Nasa LS-0417 Ynag Dimodifikasi Dengan Vortex Generator. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2110100076_Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pesawat terbang merupakan aplikasi ilmu mekanika fluida yang sangat memperhatikan aspek aerodinamika karena berkaitan dengan performa pada penerbangan. Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pendesainan suatu pesawat yaitu pemilihan airfoil dan modifikasinya. Modifikasi airfoil dilakukan untuk menunda separasi aliran dan meningkatkan performa airfoil, salah satunya dengan vortex generator. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penambahan vortex generator pada permukaan atas airfoil dapat menunda terjadinya separasi liran. Hal ini disebabkan aliran lebih tahan melawan gaya gesek dan adverse pressure gradient. Penelitian mengenai modifikasi airfoil NASA LS-0417 secara eksperimen telah banyak dilakukan, sementara penelitian dilakukan secara numerik belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik aliran melintasi airfoil NASA LS-0417 yang dimodifikasi dengan vortex generator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi numerik dengan menggunakan software fluent 6.3.26. dan Gambit 2.4.6. Model yang digunakan adalah airfoil NASA LS-0417 tanpa dan dengan vortex generator. Profil vortex generator berupa trapesium dipasang pada permukaan atas dengan posisi 10% dari panjang chord. Variasi kecepatan yang digunakan yaitu sebesar 12 m/s atau Re sebesar 0.85 x 105 dan 17 m/s atau Re sebesar 1.14 x 105Pemodelan turbulen yang digunakan yaitu k�omega SST. Boundary condition untuk outlet adalah outflow, inlet adalah velocity inlet dan dinding atas, bawah dan samping adalah wall, serta menggunakan symmetry pada pemodelan 3D.Data yang didapatkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif, yaitu koefisien tekanan (Cp), koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD) pada sudut serang (α) 00, 30, 60 serta data kualitatif berupa vektor kecepatan, kontur turbulensi serta velocity pathline yang akan digunakan untuk menganalisa performa airfoil. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penambahan vortex generator pada permukaan atas airfoil, yaitu berupa penundaan separasi pada sudut serang 00, 30, serta 60dan peningkatan nilai CL dan CD. Pengaruh vortex generator yang sangat signifikan terjadi pada sudut serang 60.
====================================================================================================================================
An Aircraft is one of the application of fluid mechanics that are concerned about the aerodynamic aspect as it relates to performance in flight. One important thing to consider in designing an aircraft is the selection and modification of the airfoil. The Modification of an airfoil is made to delay separation and to increase the performance of an airfoil, one of them is vortex generators. The previous research showed that the addition of vortex generators on the upper surface of an airfoil can delay separation. It’s caused by the flow is more resistant against friction forces and the adverse pressure gradient. The research about modification of the NASA LS-0417 airfoil has been widely applied experimentally, while not much research done numerically. The purpose of this research is to determine the fluid flow characteristic across NASA LS-0417 airfoil modified with vortex generators. This research uses numerical method (CFD) with fluent 6.3.26 and gambit 2.4.6 software. The model in this research is the NASA L-0417 airfoil with or without vortex generators. The trapezoidal vortex generators are mounted 10% of the chord length on the upper surface. The freestream that used in this research is 12 m/s or 0.85 x 105 of Reynolds number and 17 m/s or 1.14 x 105 of Reynolds number. The turbulence modeling in this research is k-omega SST. The boundary condition for the outlet is outflow, the inlet is velocity inlet and top wall, bottom and sides are wall, also use the symmetry for 3D modeling. The data to be obtained from this research is quantitative data, shown by pressure coefficient (CP), lift coefficient (CL), drag coefficient (CD) of the 00, 30, 60 of angle of attack, also qualitative data that shown by velocity vector, turbulent intensity and velocity pathline that will use to analyze performance of an airfoil. The research’s result shown the effect of addition vortex generator on the upper surface of the airfoil, that is separation delay of the 00, 30, and 60 angle of attack and increasing of CLand CD. The significant influence of vortex generator occur at 60 of angle of attack.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.106 4 Nis s |
Uncontrolled Keywords: | vortex generator, airfoil NASA LS-0417, koefisien lift, koefisien drag, separasi; vortex generators, NASA LS-0417 airfoil, the lift coefficient, drag coefficient, separation |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:16 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:16 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/98078 |
Actions (login required)
View Item |